sunbanner

347 Km dari Sumatera Utara, Dibalik Pembubaran Provinsi Seluas Kamboja dan Kelahiran 3 Provinsi Baru di NKRI

347 Km dari Sumatera Utara, Dibalik Pembubaran Provinsi Seluas Kamboja dan Kelahiran 3 Provinsi Baru di NKRI

347 Km dari Sumatera Utara, Dibalik Pembubaran Provinsi Seluas Kamboja dan Kelahiran 3 Provinsi Baru di NKRI-PEXEL-

Perjalanan Misterius 347 Km dari Sumatera Utara, Dibalik Pembubaran Provinsi Seluas Kamboja dan Kelahiran 3 Provinsi Baru di NKRI

Di bagian barat Pulau Sumatera, terdapat sebuah provinsi yang pada akhirnya mengalami pembubaran dari wilayah Indonesia.



Baca juga: Deretan Pantai Terbengkalai di Indramayu! Apa yang Terjadi di Kabupaten Ini? Bangunan Ambruk, Kondisi Memprihatinkan? Kenapa Mendadak Tutup?

Jaraknya terletak sejauh 347 kilometer dari Sumatera Utara. Provinsi ini mengalami pemekaran menjadi tiga provinsi baru.

Tiga provinsi yang muncul dari proses pemekaran tersebut masih ada hingga saat ini sebagai hasil dari perubahan status provinsi yang sebelumnya memiliki luas sebesar Kamboja.





×

Pada awalnya, Pulau Sumatera membentuk satu entitas provinsi tunggal ketika Indonesia meraih kemerdekaannya. Keadaan ini berlangsung dari saat kemerdekaan hingga tahun 1950.

Baca juga: Tingginya Mencapai 4 Lantai! Kalimantan Selatan Siap Rombak Stadion Baru dengan Kapasitas 23.600 Penonton, Sudah Berstandar FIFA Belom?

Baca juga: Lampung Bermetamorfosis: Dibalik Pemekaran 6 Kabupaten Lampung yang Baru, Apa Saja yang Tersembunyi di Tulang Bawang dan Daerah Lainnya?

Baca juga: Pecah! Lampung Berubah Wajah dengan 6 Daerah Baru: Pelajari Potensi Menarik di Setiap Kabupaten, Ada Apa Saja?

Pada tahun 1950, Provinsi Sumatera mengalami pemekaran menjadi tiga bagian. Jika masih menjadi satu kesatuan provinsi, wilayah Provinsi Sumatera mungkin mencapai luas sekitar 473.000 kilometer persegi.

Pemekaran tersebut dilakukan sebagai bagian dari upaya untuk meratakan pembangunan di wilayah yang begitu luas.

Provinsi Sumatera kemudian terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Provinsi Sumatera Selatan, Sumatera Tengah, dan Sumatera Utara.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr