sunbanner

Mengeksplorasi Keindahan Waduk Kedung Ombo, Destinasi Wisata yang Menyenangkan di Jawa Tengah, Tetapi Membawa Dampak Tenggelamnya 37 Desa dan 7 Kecamatan di Jateng

Mengeksplorasi Keindahan Waduk Kedung Ombo, Destinasi Wisata yang Menyenangkan di Jawa Tengah, Tetapi Membawa Dampak Tenggelamnya 37 Desa dan 7 Kecamatan di Jateng

Waduk Kedung Ombo--

Bendungan yang dimaksud adalah Waduk Kedung Ombo.

Waduk Kedung Ombo merupakan bendungan terbesar di Indonesia yang berada di perbatasan tiga kabupaten di Jawa Tengah.



Yaitu Grobogan, Sragen, dan Boyolali. Lebih tepatnya, bendungan ini terletak di Geyer, Grobogan.

Proses pembangunan bendungan ini berlangsung selama kurang lebih lima tahun, tepatnya dari tahun 1985 hingga 1989.

Namun, proses pembangunannya tidaklah mudah.





×

Dalam pembangunan Waduk Kedung Ombo ini, sebanyak 37 desa dan 7 kecamatan di Kabupaten Grobogan, Sragen, dan Boyolali harus dilanda banjir akibat penggenangan air.

Penduduk yang tinggal di 37 desa tersebut terpaksa harus pindah ke tempat lain karena wilayah mereka akan ditenggelamkan oleh bendungan yang memiliki luas lahan mencapai 6.576 hektar ini.

Meskipun waduk ini awalnya dibangun untuk keperluan irigasi dan pembangkit listrik, saat ini juga dikembangkan sebagai destinasi wisata yang menarik.

Keindahan alam yang disuguhkan oleh Waduk Kedung Ombo benar-benar memanjakan mata.

Dengan pemandangan genangan air yang luas, waduk ini cocok menjadi tempat yang sempurna untuk melepas penat dan bersantai.

Untuk meningkatkan pengalaman wisata, di sekitar waduk juga disediakan berbagai fasilitas menarik seperti warung makan apung, jetski, speedboat, bebek air, naik kuda, dan playground.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr