sunbanner

Sumatera Selatan Siapkan Rp 5 Triliun untuk Membangun Jembatan Terowongan dalam Air Pertama di Indonesia! Kapan Selesai Dibangun?

Sumatera Selatan Siapkan Rp 5 Triliun untuk Membangun Jembatan Terowongan dalam Air Pertama di Indonesia! Kapan Selesai Dibangun?

Jembatan Musi III --

Beberapa pertimbangan harus dipertimbangkan, termasuk keterbatasan anggaran yang diberikan oleh pemerintah.

Jika proyek ini berjalan lancar, jembatan yang dimaksud adalah Jembatan Musi III. Jembatan ini akan menjadi ikon baru yang menghubungkan Pulau Kemaro di bagian Ulu dengan Sungai Batang Kalidoni di wilayah Ilir, melintasi Sungai Gerong Pertamina Plaju.



Rencananya, Jembatan Musi III akan menjadi solusi untuk mengurangi beban arus kendaraan di Jembatan Ampera, yang selama ini menjadi satu-satunya akses utama lintas sungai di Palembang.

Meskipun Jembatan Musi III masih dalam tahap wacana, pemerintah kini lebih fokus menyelesaikan pembangunan Jembatan Musi V.

Jembatan Musi V ini nantinya akan menghubungkan tol Kapal Betung dengan Jalan Lintas Timur, dan kabarnya akan menjadi jembatan Musi terpanjang yang pernah ada.





×

Tercatat saat ini ada empat jembatan yang membelah Sungai Musi dan beroperasi aktif, yaitu Jembatan Ampera, Jembatan Musi II, Jembatan Musi IV, dan Jembatan Musi VI. Sementara itu, panjang Jembatan Musi V diproyeksikan mencapai 1,6 kilometer.

Menariknya, Jembatan Musi V ini akan menggunakan 99 persen produk asli Indonesia dalam pembangunannya. Berdasarkan rencana, Jembatan Musi V diharapkan rampung pada Agustus 2023 mendatang.

***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr