sunbanner

Diresmikan 16 Oktober, Provinsi Baru Ini di Sulawesi Selatan Kini Bersaing dengan Negara Kuwait! Apa Saja Keunikan dan Dimana Lokasinya?

Diresmikan 16 Oktober, Provinsi Baru Ini di Sulawesi Selatan Kini Bersaing dengan Negara Kuwait! Apa Saja Keunikan dan Dimana Lokasinya?

Diresmikan 16 Oktober, Provinsi Baru Ini di Sulawesi Selatan Kini Bersaing dengan Negara Kuwait! Apa Saja Keunikan dan Dimana Lokasinya?-PEXEL-

Informasi ini diambil dari laman resmi sulbar.bpk.go.id, yang menjelaskan bahwa Provinsi Sulawesi Barat didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004. Proses peresmiannya sendiri dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 16 Oktober 2004.

Dengan terbentuknya Sulawesi Barat, wilayah ini menjadi provinsi ke-33 di dalam Negara Republik Indonesia.



Penting untuk dicatat bahwa pembentukan provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada awalnya, rencana pembentukan ini mendapat tanggapan positif dari Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu, Megawati Soekarno Putri, bahkan sebelum Pemilu 2004.

Baca juga: Wuling Mengusung Semangat ‘Drive For A Green Life’ Dalam Gelaran IIMS 2024





×

Baca juga: New Honda Stylo 160 Tampil Perdana Di IIMS 2024

Baca juga: Subaru Resmi Umumkan Harga Subaru BRZ 2024 dan Luncurkan Garansi Resmi 5 Tahun Di IIMS 2024

Proses pemekaran ini melibatkan partisipasi semua pihak terkait dari masing-masing daerah, dan kesepakatan tercapai bahwa Mamuju akan menjadi ibu kota provinsi yang baru.

Saat ini, Sulawesi Barat telah terbagi menjadi 6 kabupaten, yaitu Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Pasangkayu, dan Polewali Mandar, dengan jumlah penduduk mencapai sekitar 1.457.481 jiwa.

Dengan terbentuknya provinsi baru ini, Sulawesi Barat mengalami pertumbuhan yang pesat terutama dalam sektor pariwisata.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr