sunbanner

Sebelas Duabelas dengan Kuwait? Seberapa Luas dan Dimana Lokasi Provinsi Sulawesi Selatan yang Baru Terbentuk Hasil Pemekaran Kota dan Kabupaten?

Sebelas Duabelas dengan Kuwait? Seberapa Luas dan Dimana Lokasi Provinsi Sulawesi Selatan yang Baru Terbentuk Hasil Pemekaran Kota dan Kabupaten?

Menuju Era Baru: Kabupaten Seputih Timur dan Seputih Barat Siap Berkilau di Peta Lampung Tengah Menunggu Peresmian Pemekaran-PEXEL-

Awalnya, pembentukan provinsi baru ini melibatkan pemisahan dari 3 kabupaten yang awalnya menjadi bagian dari Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), namun seiring berjalannya waktu, jumlah kabupaten di provinsi ini bertambah menjadi 6.

Provinsi yang diberi nama Sulawesi Barat ini memiliki ibu kota di Mamuju. Meskipun Mamuju saat ini masih berstatus sebagai sebuah kabupaten, bukan kota, namun inilah pusat pemerintahan provinsi yang baru ini.



Informasi ini diambil dari laman resmi sulbar.bpk.go.id, yang menjelaskan bahwa Provinsi Sulawesi Barat didirikan berdasarkan Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2004.

Proses peresmiannya sendiri dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 16 Oktober 2004.

Baca juga: Wuling Mengusung Semangat ‘Drive For A Green Life’ Dalam Gelaran IIMS 2024





×

Baca juga: New Honda Stylo 160 Tampil Perdana Di IIMS 2024

Baca juga: Subaru Resmi Umumkan Harga Subaru BRZ 2024 dan Luncurkan Garansi Resmi 5 Tahun Di IIMS 2024

Dengan terbentuknya Sulawesi Barat, wilayah ini menjadi provinsi ke-33 di dalam Negara Republik Indonesia.

Penting untuk dicatat bahwa pembentukan provinsi ini merupakan hasil pemekaran dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada awalnya, rencana pembentukan ini mendapat tanggapan positif dari Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu, Megawati Soekarno Putri, bahkan sebelum Pemilu 2004.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr