sunbanner

Dikeruk Pribumi Tahanan Belanda! Tambang Mengerikan di Sumatera Barat Berdiri Imbas Keserakahan Jaman Kolonial, Simpan Penderitaan Warga NKRI?

Dikeruk Pribumi Tahanan Belanda! Tambang Mengerikan di Sumatera Barat Berdiri Imbas Keserakahan Jaman Kolonial, Simpan Penderitaan Warga NKRI?

Dikeruk Pribumi Tahanan Belanda! Tambang Mengerikan di Sumatera Barat Berdiri Imbas Keserakahan Jaman Kolonial, Simpan Penderitaan Warga NKRI?-xusenru/pixabay-

Namun, di balik gemerlapnya aktivitas tambang, Sawahlunto juga menyimpan sisi kelam. Pada tahun 1898, kegiatan pertambangan masih melibatkan narapidana yang bekerja secara paksa dengan upah yang sangat rendah.

Bahkan, para narapidana itu diikat rantai pada kakinya sebagai tindakan pencegahan agar tidak melarikan diri atau memberontak, yang menghasilkan julukan "orang rantai".



Setelah Indonesia merdeka, Sawahlunto menjadi bagian dari wilayah Indonesia.

Baca juga: Dulu Disayang Kini Dibuang! Pantai Terbengkalai Indramayu Makin Tak Tertolong? Bangunan Ambruk hingga Kondisi Mengenaskan?

Baca juga: Sulawesi Selatan Melahirkan Provinsi Super! Simak Lokasinya yang Bikin Tercengang Mirip Kuwait? Kemendagri Ketok Palu





×

Baca juga: Jadi Pusatnya Jual Beli! 3 Produsen Alpukat di Jawa Tengah yang Mampu Raup 200 Ribu Kwintal Setahun!

Namun, Indonesia tidak dapat mengambil keuntungan sebanyak yang diperoleh Belanda karena cadangan batu bara di Sawahlunto semakin menipis menjelang akhir abad ke-20.

Saat ini, aktivitas pertambangan di Sawahlunto telah sepenuhnya berhenti, dan kawasan ini telah berubah menjadi destinasi wisata sejarah yang diakui oleh UNESCO sebagai warisan dunia.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr