sunbanner

Jembatan Penghubung 2 Pulau Ikonik di NTB ini Bikin Kecewa Karena Tak Sesuai dengan Harapan Padahal Sudah telan Biaya Rp17 Triliiun

Jembatan Penghubung 2 Pulau Ikonik di NTB ini Bikin Kecewa Karena Tak Sesuai dengan Harapan Padahal Sudah telan Biaya Rp17 Triliiun

jembatan-TimHill/pixabay-

Dikabarkan bahwa biaya yang diperlukan untuk pembangunannya mencapai angka fantastis, mencapai Rp17 triliun.

Pemerintah setempat awalnya telah menggandeng PT Nabil Surya Persada untuk melaksanakan proyek pembangunan jembatan ini.



Tahap awal proyek ini melibatkan perusahaan tersebut untuk melakukan studi kelayakan dengan biaya mencapai Rp5,25 miliar.

PT Nabil Surya Persada, selaku investor proyek ini, juga menggandeng PT Krakatau Konsultan sebagai konsultan studi kelayakan.

Lalu, PT Krakatau Konsultan berkoordinasi dengan Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) dalam proses studi kelayakan tersebut.





×

Namun, di sisi lain, muncul perusahaan asal Korea Selatan yang juga melakukan uji kelayakan.

Menurut hasil uji kelayakan yang mereka lakukan, anggaran yang diperlukan untuk proyek jembatan terpanjang di NTB ini jauh lebih besar dari perkiraan semula.

Pasalnya, biaya konstruksi jembatan per kilometer sangat besar, berkisar antara Rp850 juta hingga Rp1 triliun per kilometer.

Dikutip dari laman resmi ntbprov.go.id, panjang jembatan tersebut mencapai 16,5 kilometer.

Maka, biaya yang diperlukan diperkirakan mencapai Rp17 triliun.

Jumlah ini belum termasuk berbagai aksesoris yang mungkin dibutuhkan, sehingga proyek ini bisa mencapai angka fantastis Rp20 triliun.

Namun, sayangnya, proyek yang telah dinantikan ini harus dibatalkan.

Pemerintah Provinsi NTB mengambil keputusan untuk memfokuskan upaya dan anggaran pada pemulihan perekonomian daerah.

Perekonomian NTB terpukul berat oleh gempa bumi pada tahun 2018 dengan kekuatan 7 skala Richter, dan situasinya semakin memburuk ketika pandemi melanda pada tahun 2020, mengakibatkan perekonomian terhenti sejenak.

Baca juga: Jadwal dan Link Streaming Nonton Tim Voli Red Sparks Megawati Hangestri Liga Korea Hari Ini Minggu 29 Oktober 2023, Lawan Hyundai Hilstate Tayang Jam Berapa?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr