sunbanner

Hanguskan Anggaran Rp779,2 Miliar: Jembatan Terpanjang Maluku Akan Ubah Perjalanan ke Bandara Pattimura dalam 25 Menit Langsung Sampai! Tak Butuh Waktu Lama!

Hanguskan Anggaran Rp779,2 Miliar: Jembatan Terpanjang Maluku Akan Ubah Perjalanan ke Bandara Pattimura dalam 25 Menit Langsung Sampai! Tak Butuh Waktu Lama!

Hanguskan Anggaran Rp779,2 Miliar: Jembatan Terpanjang Maluku Akan Ubah Perjalanan ke Bandara Pattimura dalam 25 Menit Langsung Sampai! Tak Butuh Waktu Lama!-Roman_Polyanyk/pixabay-

Sebelumnya dikenal sebagai Jembatan Galala Poka, namun penggantian nama menjadi Jembatan Merah Putih disepakati setelah konsultasi dengan pemerintah setempat, mempertimbangkan sejarah dan konteks keberadaannya di Maluku, salah satu provinsi pertama di Indonesia sejak kemerdekaan.

Kini, Jembatan Merah Putih menjadi ikon Kota Ambon. Keberadaannya mempercepat waktu tempuh dari Bandara Pattimura di Jazirah Leihitu, Maluku Tengah di utara, menuju pusat Kota Ambon di Jazirah Leitimur di selatan.



Sebelum jembatan ini ada, perjalanan sepanjang sekitar 35 kilometer dari Bandara Internasional Pattimura ke Kota Ambon harus melalui Teluk Ambon dengan waktu tempuh sekitar 60 menit.

Baca juga: 340 Miliar, 40 Ha Hutan Hancur Demi Observatorium Raksasa di NTT, Jadi Terbesar di Asia Tenggara dan Buat Indonesia Terkenal di Dunia! Lokasinya Tersembunyi di Mana?

Baca juga: Dikeruk Pribumi Tahanan Belanda! Tambang Mengerikan di Sumatera Barat Berdiri Imbas Keserakahan Jaman Kolonial, Simpan Penderitaan Warga NKRI?





×

Alternatif lain adalah menggunakan kapal penyeberangan antara Desa Rumah Tiga dan Galala yang memakan waktu sekitar 20 menit, belum termasuk waktu antre.

Dengan adanya Jembatan Merah Putih, waktu tempuh menuju Bandara Internasional Pattimura berkurang menjadi hanya 25 menit saja.

Letaknya berada di Kota Ambon, Provinsi Maluku, dan menjadi sarana vital dalam menghubungkan berbagai wilayah di sekitarnya.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr