sunbanner

Rahasia Bendungan Terbesar di Kalimantan Timur: Mulai Beroperasi April 2024, Namun Lokasinya Tak Di Balikpapan, Benarkah?

Rahasia Bendungan Terbesar di Kalimantan Timur: Mulai Beroperasi April 2024, Namun Lokasinya Tak Di Balikpapan, Benarkah?

Rahasia Bendungan Terbesar di Kalimantan Timur: Mulai Beroperasi April 2024, Namun Lokasinya Tak Di Balikpapan, Benarkah?-chuan-jm/unplash-

Ia juga mengajak semua pihak, termasuk masyarakat, untuk memberikan dukungan dan mengawal proses pengoperasian bendungan ini.

Untuk informasi lebih lanjut, konstruksi bendungan ini telah dibiayai sekitar Rp272 miliar. Dana tersebut terbagi menjadi Rp63,03 miliar dari pemerintah pusat, dan Rp208,97 miliar dari pemerintah daerah.



Bendungan baru ini diberi nama Bendungan Marangkayu, yang terletak bukan di Balikpapan, melainkan di Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Bendungan Marangkayu memiliki kapasitas untuk mengairi lahan irigasi seluas 1.500 hektar, menyediakan sumber air baku sebesar 450 liter per detik, serta berfungsi sebagai pengendali banjir serta memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai tempat wisata.

Baca juga: Terjawab di Tahun 2024! Bendungan Super Megah NTB Berdiri Kokoh dengan Nama Unik, Bukan di Mataram, Tapi Di





×

Baca juga: Tidak Terlupakan Well! Surga Belanja Tersembunyi di Bondowoso: 5 Mall Megah yang Bikin Antri Moms!

Baca juga: Data Real Count Pilpres di Kediri Jawa Timur, Prabowo Gibran Raih 540.618 Suara, Ganjar Mahfud 208.384 Suara, Anies Cak Imin 80.226 Suara! Unggul Mana?

Pembangunan Bendungan Marangkayu dilaksanakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Samarinda, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dengan memanfaatkan Daerah Aliran Sungai (DAS) Marangkayu, yang memiliki luas sekitar 243 kilometer persegi.

Demikianlah, bendungan baru senilai Rp272 miliar di Kalimantan Timur yang diharapkan dapat beroperasi pada bulan April 2024.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr