sunbanner

Terkuak! Bendungan Megah di Jawa Barat Membuka Akses 242.000 Ha Lahan Sawah untuk Pertanian yang Makin Produktif Tapi Tenggeamkan 14 Desa?

Terkuak! Bendungan Megah di Jawa Barat Membuka Akses 242.000 Ha Lahan Sawah untuk Pertanian yang Makin Produktif Tapi Tenggeamkan 14 Desa?

Dana Rp1,02 Triliun Mengalir ke Bendungan Megah Sulawesi Barat- Dibangun DAM Pertama di Sulbar Janjikan Kesejahteraan Warganya?-UNPLASH-

Bendungan Jatiluhur, yang juga dikenal dengan nama Bendungan Ir. H. Juanda, adalah sebuah proyek yang memakan waktu sangat lama dalam pembangunannya.

Bendungan ini baru selesai setelah mengalami pergantian kabinet sebanyak 9 kali.



Peletakan batu pertama untuk pembangunan bendungan dilakukan oleh Presiden Soekarno pada tahun 1957, dan peresmiannya dilakukan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 26 Agustus 1967.

Pada masa itu, pembangunan Bendungan Jatiluhur memerlukan biaya yang sangat besar, mencapai angka US$ 230 juta.

Saat ini, bendungan yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat, juga menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di wilayah Jawa Barat.





×

Baca juga: Terispirasi dari Awan, Wuling Cloud Utamakan Kenyamanan Menghadirkan Impresi Eksterior yang Dinamis dan Berkelas

Baca juga: Wuling Berikan Extensive Free Maintenance Bagi Konsumen Yang Bertransaksi Di IIMS 2024

Baca juga: Wuling Finance Berikan Program Istimewa Untuk Lini Produk Wuling di IIMS 2024

Suasana waduk bendungan yang indah dengan bunga-bunga yang merekah di sekitarnya, dianggap memiliki keindahan yang sebanding dengan pemandangan di Skotlandia.

Banyak wisatawan yang mengunjungi Bendungan Jatiluhur setiap minggunya untuk menikmati pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam.

Mereka dapat melihat Gunung Tiga Menara dan Gunung Parang dari balik cahaya matahari yang merah memerah.

Demikianlah informasi mengenai bendungan raksasa terbesar di kawasan Asia Tenggara yang ternyata berada di Jawa Barat.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr