sunbanner

Sejarah Awal Mula Nama Mataram NTB yang Ternyata Artinya Ini, Pulau Seribu Masjid Ini Simpan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui

Sejarah Awal Mula Nama Mataram NTB yang Ternyata Artinya Ini, Pulau Seribu Masjid Ini Simpan Fakta Menarik yang Jarang Diketahui

daerah-broeasied/unplash-

Asal usul Nama Mataram 

Beberapa sumber menyatakan bahwa kata Mataram mungkin berakar dari bahasa Sansekerta, di mana "mata" berarti ibu dan "aram" mengandung makna hiburan.

Artinya, Mataram bisa saja menjadi persembahan untuk ibu pertiwi, sebuah simbol kehormatan terhadap tanah tempat mereka berada.



Namun, terdapat versi lain yang mengaitkan Mataram dengan kata "matta," yang artinya gembira atau penuh semangat, dan "aram" yang tetap berarti hiburan.

Dalam konteks ini, Mataram bisa diartikan sebagai pembangunan kerajaan atau kota sebagai simbol kebahagiaan dan semangat untuk membangun masa depan yang lebih cerah di tanah yang penuh harapan.

Sebagai julukan yang membanggakan, Kota Mataram juga sering disebut sebagai "Pulau Seribu Masjid." Nama ini tidak terlepas dari mayoritas penduduknya yang memeluk agama Islam.





×

Sejak dulu, julukan ini telah menjadi bagian integral dari identitas kota ini.

Baca juga: Jadwal Konser Gilga Sahid di Jawa Tengah November 2023, kota Jepara Kapan? Cek Informasi Terbaru dan Terlengkap Disini

Baca juga: Kabupaten di Kalimantan Tengah Bakal Merger Jadi Provinsi Baru, Rincian Lengkap yang Patut Anda Simak!

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr