sunbanner

Tokoh Ini Dijadikan Nama Sebuah Daerah di Jawa Timur! Simak Asal Usul Lamongan yang Jarang Diketahui Beserta Fakta Menarik

Tokoh Ini Dijadikan Nama Sebuah Daerah di Jawa Timur! Simak Asal Usul Lamongan yang Jarang Diketahui Beserta Fakta Menarik

daerah-maria-orlova/pexels-

Lokasi Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Peristiwa tenggelamnya Kapal Van der Wijck pada tanggal 20 November 1936 adalah salah satu peristiwa terkenal di Indonesia yang juga menginspirasi novel berjudul sama yang ditulis oleh Buya Hamka.



Kapal ini tenggelam di perairan Brondong, Lamongan.

Yang menarik, banyak yang belum mengetahui bahwa lokasi tenggelamnya kapal yang terkenal ini adalah di Lamongan.

Warga Brondong berperan besar dalam menyelamatkan penumpang kapal ini ketika kejadian tersebut terjadi.





×

Monumen Kapal Van der Wijck yang berdiri di depan kantor pengelola Pelabuhan Brondong, Lamongan, adalah bentuk terima kasih dari bangsa Belanda kepada warga Brondong atas pertolongan mereka yang sangat berarti dalam peristiwa ini.

Inilah dua fakta menarik seputar Lamongan yang menambah daya tarik dan keunikan dari kabupaten ini yang perlu lebih banyak orang ketahui.

Lamongan adalah tempat yang tak hanya kaya akan warisan budaya dan sejarah, tetapi juga memiliki cerita-cerita menarik yang menunggu untuk diungkap.

Baca juga: Jadwal dan Link Streaming Nonton Tim Voli Red Sparks Megawati Hangestri Liga Korea Hari Ini Minggu 29 Oktober 2023, Lawan Hyundai Hilstate Tayang Jam Berapa?

Baca juga: Kalimantan Tengah Akan Terpecah? Rincian Mendalam tentang Upaya Membentuk Provinsi Baru dari 5 Kabupaten

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr