sunbanner

Nambah Provinsi Baru? Sumatera Utara Siap Melepaskan Beberapa Wilayahnya Demi Pemekaran, 5 Kota dan Kabupaten Ikut Berpartisipasi Bersama

Nambah Provinsi Baru? Sumatera Utara Siap Melepaskan Beberapa Wilayahnya Demi Pemekaran, 5 Kota dan Kabupaten Ikut Berpartisipasi Bersama

daerah-pexels/luca-

Nambah Provinsi Baru? Sumatera Utara Siap Melepaskan Beberapa Wilayahnya Demi Pemekaran, 5 Kota dan Kabupaten Ikut Berpartisipasi Bersama.

Pulau Sumatera terus mengalami perkembangan dalam struktur administratifnya. Selain Kepulauan Nias dan Tapanuli yang telah menjadi entitas tersendiri.



Kini muncul usulan yang menarik untuk membentuk Provinsi Sumatera Tenggara yang melibatkan lima kabupaten/kota di wilayah tersebut.

Baca juga: Dipecah 4 Bagian? Inilah Usulan Pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara, Upaya Meningkatkan Pelayanan Pemerintah, Terwujud Berapa Persen?

Baca juga: Warganya Anti Sembelit! Inilah 4 Kecamatan Penghasil Pepaya di Gunungkidul yang Mampu Menghasilkan 716 Kuintal Pepaya Pertahun





×

Baca juga: Jalan Tol Menembus Laut Bakal Dibangun di Kalimantan Timur dengan Panjang 47 Km dan Dana 3 Triliun: Sanggup Porak-Porandakan Istana Atlantis?

Usulan ini timbul karena jarak yang cukup jauh antara wilayah tersebut dengan ibukota Provinsi Sumatera Utara, Kota Medan.

Dengan pertimbangan geografis dan demografis, pembentukan Provinsi Sumatera Tenggara diharapkan dapat memberikan pelayanan pemerintahan yang lebih baik kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Populasi yang mencapai 1.53 juta jiwa dan luas wilayahnya yang mencapai 20.08 ribu kilometer persegi menjadi alasan kuat untuk mewujudkan otonomi baru ini.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr