sunbanner

Sumatera Barat, Negeri dengan Keindahan Alam dan Budaya yang Bikin Tergila-gila! Cocok Jadi Sasaran Pembangungan dan Pemekaran?

Sumatera Barat, Negeri dengan Keindahan Alam dan Budaya yang Bikin Tergila-gila! Cocok Jadi Sasaran Pembangungan dan Pemekaran?

Dimana Ibu Kota Baru Usai Wacana Pemekaran KEPRI? Benarkah Akan Berdampak pada Negara Tetangganya Seperti Malaysia atau Singapura?-UNPLASH-

Dengan sumber daya alam yang sangat melimpah, potensi pembangunan yang besar, serta semangat masyarakat yang tinggi, Sumatera Barat terus menjalani perjalanan menuju masa depan yang lebih cerah.

Harapannya, langkah-langkah pembangunan yang bijaksana dan berkelanjutan akan membimbing provinsi ini menuju kesejahteraan dan kemakmuran yang merata bagi semua penduduknya.



Bersama, mari kita lakukan yang terbaik untuk menjaga keindahan dan keberlanjutan Sumatera Barat agar tetap lestari dan dinikmati oleh generasi mendatang.

Perlu dicatat bahwa dalam perkembangan terkini, sedang diwacanakan pembentukan sebuah kabupaten baru di dalam Provinsi Sumatera Barat, lebih tepatnya di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.

Kabupaten baru ini akan diberi nama Kabupaten Renah Indojati, dan ini merupakan hasil dari pemekaran wilayah Kabupaten Pesisir Selatan yang memiliki luas wilayah mencapai 5.749 kilometer persegi.





×

Keputusan ini dianggap beralasan mengingat luas wilayahnya yang empat kali lebih besar dari Kabupaten Padang Pariaman dan bahkan sedikit lebih luas dari Provinsi Bali yang memiliki 8 kabupaten dan 1 kota dengan luas 5.6 ribu kilometer persegi.

Kabupaten Pesisir Selatan, yang terdiri dari 15 kecamatan dan 182 nagari atau desa, memiliki populasi sekitar 516 ribu jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022.

Saat ini, sudah ada enam kecamatan yang telah menyatakan kesiapan untuk menjadi bagian dari Kabupaten Renah Indojati, dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 116 ribu jiwa.

Cek pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr