sunbanner

Mampu Menampung Hingga 32,6 Juta Kubik Air, Ternyata Ini Bendungan Terpanjang Se-Asia! Cobak Tebak di Daerah Mana?

Mampu Menampung Hingga 32,6 Juta Kubik Air, Ternyata Ini Bendungan Terpanjang Se-Asia! Cobak Tebak di Daerah Mana?

Penampungan Air Raksasa: Bendungan Baru Dibangun di Kaltim Siap Membanjiri IKN Nusantara dengan Kapasitas 2.000 Liter/Detik!--

Bendungan yang diberi nama Bendungan Semantok memiliki dimensi yang cukup besar, dengan panjang mencapai 3.005 meter dan tinggi mencapai 34 meter.

Letaknya berada di sepanjang aliran sungai dan terletak di antara bukit di sebelah kanan dan kiri Sungai Semantok.



Pembangunan bendungan ini memiliki beberapa tujuan yang sangat penting. Salah satunya adalah meminimalisir risiko banjir dengan menahan air saat musim hujan.

Selain itu, bendungan ini juga berperan dalam mendistribusikan air selama musim kemarau, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air bagi masyarakat dan sektor pertanian.

Selain kegunaan tersebut, bendungan ini juga memiliki manfaat lainnya. Selain menyediakan air irigasi untuk lahan pertanian seluas 1900 hektar, Bendungan Semantok juga dapat mereduksi risiko banjir hingga 30% serta menyediakan pasokan air baku sebesar 312 liter per detik.





×

Bangunan bendungan ini juga mampu memelihara debit air sungai di hilir bendungan sebesar 36 liter per detik.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Bendungan Semantok adalah bendungan terpanjang di Asia Tenggara yang terletak di Nganjuk, Jawa Timur.***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr