Warganya Kekurangan! Inilah 5 Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah Menurut BPS, Daerah Terparah Ada di Barlingmascakeb!

Warganya Kekurangan! Inilah 5 Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah Menurut BPS, Daerah Terparah Ada di Barlingmascakeb!

Warganya Kekurangan! Inilah 5 Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah Menurut BPS, Daerah Terparah Ada di Barlingmascakeb!-UNPLASH-

Warganya Kekurangan! Inilah 5 Kabupaten Termiskin di Jawa Tengah Menurut BPS, Daerah Terparah Ada di Barlingmascakeb!

Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, terus berusaha secara berkelanjutan untuk mengatasi masalah kemiskinan ekstrem yang masih melanda beberapa wilayah di Indonesia.



Pada tahun 2023, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis daftar kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki jumlah penduduk miskin terbesar.

Baca juga: Daerah yang Terkenal Akan Wisatanya Tapi Sepi Penduduk, Kok Bisa? 5 Kabupaten Minim Penghuni di Jawa Barat, Hanya Ada 1.180.550 Jiwa

Daftar ini memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi sosial-ekonomi di wilayah tersebut.





×

Menurut data yang dirilis oleh BPS pada bulan Maret 2023, kabupaten dan kota di Jawa Tengah yang memiliki jumlah penduduk miskin terbesar antara lain Banjarnegara, Purbalingga, Banyumas, Cilacap, dan Kebumen, yang sering disingkat sebagai Barlingmascakeb.

Indeks kemiskinan di tingkat provinsi dihitung berdasarkan hasil survei Sosial Ekonomi Nasional (Suspenas) yang dilakukan pada bulan Maret dan September 2022.

Baca juga: Beneran Kritis? Ini Dia 8 Kota dan Kabupaten Termiskin di Jawa Barat, Ada Indramayu hingga Majalengka, Kuningan Posisi Keberapa?

Baca juga: Pasar Udang Jawa Timur Jadi Produsen dan Pusat Tengkulak, Ada Lamongan, Banyuwangi, Gresik Berlomba Menghasilkan 18 Ribu Ton!

Baca juga: Breaking News! Riau Kini Punya Tambahan Daerah Seluas 3707,84 Km2, Temukan Fakta Menarik di Balik Keputusan 16 Januari

Sementara itu, data mengenai tingkat kemiskinan di tingkat kabupaten/kota berasal dari hasil survei Suspenas yang dilakukan pada bulan Maret 2022 dilansir oto dari berbagai sumber.

Berdasarkan data yang dipublikasikan oleh BPS pada bulan September 2022, Provinsi Jawa Tengah menempati posisi kedua dalam daftar provinsi dengan tingkat kemiskinan tertinggi di Pulau Jawa.

Angka ini mencapai 10,93 persen dari total populasi provinsi, yang setara dengan sekitar 3,8 juta jiwa yang hidup dalam kondisi tersebut.

Upaya untuk menanggulangi kemiskinan di Jawa Tengah menjadi perhatian utama bagi pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr