Surganya Sirsak! Inilah Kota dan Kabupaten Penghasil Sirsak Terbesar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, NTB hingga Jawa Barat, Tengkulak Merapat!

Surganya Sirsak! Inilah Kota dan Kabupaten Penghasil Sirsak Terbesar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, NTB hingga Jawa Barat, Tengkulak Merapat!

Surganya Sirsak! Inilah Kota dan Kabupaten Penghasil Sirsak Terbesar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, NTB hingga Jawa Barat, Tengkulak Merapat!-PEXEL-

3. Jawa Tengah

Sementara itu, Provinsi Jawa Tengah, meskipun berada di urutan ketiga, tetap memegang peranan signifikan dalam produksi buah sirsak di Indonesia.

Menurut catatan BPS RI, pada tahun 2022, Provinsi Jawa Tengah berhasil menghasilkan sebanyak 18.493 ton buah sirsak.



Kabupaten Tegal merupakan salah satu lokasi utama produksi buah sirsak di provinsi ini, dengan catatan produksi sebesar 77.337 kuintal pada tahun 2020 menurut data BPS Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Taman Purbakala dengan Bukit Hartakarun ada di Lampung! Jarak Tempuh 50km dari Ibu Kota Bandar, Bak Anime Gibli Bikin Warga Terkagum-kagum

Baca juga: Jembatan Megah di Sulawesi Selatan Merambah 5 Menit Perjalanan. Detail Lokasinya di Sini!

4. Jawa Barat





×

Provinsi Jawa Barat, sebagai provinsi urutan keempat, juga menyumbang dalam produksi buah sirsak di Indonesia.

Berdasarkan laporan BPS RI, pada tahun yang sama, Provinsi Jawa Barat menghasilkan sebanyak 16.714 ton buah sirsak.

Kabupaten Tasikmalaya menjadi fokus utama dalam produksi buah sirsak di provinsi ini, dengan data produksi mencapai 29.724 kuintal pada tahun 2021 menurut informasi dari opendata.jabarprov.go.id.

Daerah-daerah lain yang turut berkontribusi dalam produksi buah sirsak di Provinsi Jawa Barat adalah Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bogor.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr