sunbanner

Isu Pemekaran 5 Provinsi Baru di Sumatera Utara Bikin Heboh Warga Sumut, Ternyata Kabupaten Ini yang Akan Bentuk Provinsi Sendiri

Isu Pemekaran 5 Provinsi Baru di Sumatera Utara Bikin Heboh Warga Sumut, Ternyata Kabupaten Ini yang Akan Bentuk Provinsi Sendiri

daerah-pexels/luca-

Isu Pemekaran 5 Provinsi Baru di Sumatera Utara Bikin Heboh Warga Sumut, Ternyata Kabupaten Ini yang Akan Bentuk Provinsi Sendiri.

Provinsi Sumatera Utara, dengan 25 kabupaten dan 8 kota yang menghampar luas hingga 71.680 km persegi, telah lama menjadi pusat perhatian.



Kota terbesarnya, Medan, telah menjadi kiblat bagi berbagai aktivitas ekonomi dan politik.

Baru-baru ini, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, memberikan klarifikasi terkait rencana pembentukan provinsi baru di Indonesia.

Baca juga: Bikin Ngiler! 5 Daerah Penghasil Sirsak Terbanyak di Indonesia dan Diklaim Terbesar se Provinsi, Lokasi di Jatim Ada di Mana?





×

Baca juga: 7 Wilayah di Sumatera Utara yang Tajir Melintir Bak Kampung Sultan, Urutan Pertama Diduduki Serdang Bedagai Bukan? Simak Ulasan Berikut Ini!

Baca juga: Menelusuri Kisah Unik Desa Gembleng, Walaupun Penghuninya Sedikit Tapi Hidupnya Saling Berdekatan: Hanya Ada 14 KK

Menurutnya, asalkan sesuai dengan regulasi yang berlaku, tidak ada larangan untuk melakukan pemekaran wilayah.

Isu pemekaran provinsi memang bukan hal baru di Indonesia. Namun, kini semakin banyak daerah yang mengusulkan pemekaran sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan dan pembangunan di tingkat lokal.

Salah satu contoh yang terjadi adalah di Sumatera Utara. Gubernur Sumut memberikan tanggapannya terhadap rencana pemekaran tersebut, yang juga melibatkan pembentukan provinsi baru, seperti Tapanuli Tenggara.

Tapanuli Tenggara akan mencakup sebagian wilayah Tapanuli Bagian Selatan, termasuk Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, dan kota Padang Sidempuan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr