sunbanner

Beneran atau Hoax? Pemecahan 3 Daerah di Jambi Imbas Pemekaran Daerah Baru Sumatera Tengah? Apakah Ibu Kota Berubah?

Beneran atau Hoax? Pemecahan 3 Daerah di Jambi Imbas Pemekaran Daerah Baru Sumatera Tengah? Apakah Ibu Kota Berubah?

Beneran atau Hoax? Pemecahan 3 Daerah di Jambi Imbas Pemekaran Daerah Baru su Sumatera Tengah? Aoakah Ibu Kota Berubah?-axell-dotcom/unplash-

Telah diumumkan rencana pembentukan Provinsi baru yang terletak di pusat Sumatera, yang akan melibatkan Kabupaten Muara Bungo, Kabupaten Kerinci, dan Kota Sungai Penuh. Rencana ini terungkap melalui surat usulan nomor 01/X/IPST-2022 yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Inisiatif ini menghadirkan asa baru bagi penduduk lokal, dengan harapan dapat mengarahkan pembangunan yang lebih terfokus dan meningkatkan tingkat kesejahteraan sesuai dengan misi dan visi Provinsi baru Sumatera Tengah.



Provinsi Jambi terletak di pesisir timur Sumatera, menjadi salah satu provinsi Indonesia dengan ibu kota di Kota Jambi.

Luas wilayahnya mencapai 50.160,05 km², dan pada tahun 2021, penduduknya mencapai 3.548.228 jiwa.

Provinsi Jambi menonjol dengan sejarahnya yang kaya dan kekayaan budayanya yang beragam.





×

Baca juga: Pasar Udang Jawa Timur Jadi Produsen dan Pusat Tengkulak, Ada Lamongan, Banyuwangi, Gresik Berlomba Menghasilkan 18 Ribu Ton!

Baca juga: Breaking News! Riau Kini Punya Tambahan Daerah Seluas 3707,84 Km2, Temukan Fakta Menarik di Balik Keputusan 16 Januari

Baca juga: Bukit Harta Karun Ditemukan di LAMPUNG! Jaraknya 50km dari Ibu Kota, Kejutkan Warga dengan Kekayaan Melimpah Bak Imajinasi Gibli

Nama "Jambi" sering disebut dalam literatur kuno, termasuk dalam prasasti dan catatan Tiongkok kuno.

Hubungan antara Jambi dan Tiongkok telah terjalin sejak zaman dahulu, di mana Tiongkok merujuk pada Jambi dengan nama Kien-pi atau Chan-pei. Diperkirakan, terdapat empat kerajaan Melayu Kuno di Jambi, seperti kerajaan Koying, Tupo, Kantoli, dan Zabag.

Prasasti Karang Berahi, sebuah peninggalan berbahasa Melayu Kuno dengan aksara Pallawa yang berasal dari abad ke-7 Masehi, ditemukan di daerah pedalaman Jambi.

Selain itu, kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, Candi Muaro Jambi, juga terletak di wilayah ini. Diperkirakan candi ini adalah sisa-sisa kejayaan kerajaan Sriwijaya dan Melayu pada abad ke-7 hingga ke-12 Masehi.

Dalam konteks rencana pembentukan Provinsi baru Sumatera Tengah, terdapat lima kabupaten di Provinsi Jambi yang berpotensi bergabung.

  1. Kabupaten Bungo
  2. Kabupaten Kerinci
  3. Kabupaten Sungai Penuh

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr