sunbanner

Medan Akan Rubah Ibu Kotanya? Benarkah Bakal Dipindah ke Daerah Terpencil dan Tak Lagi di Pusat Kota Sumut?

Medan Akan Rubah Ibu Kotanya? Benarkah Bakal Dipindah ke Daerah Terpencil dan Tak Lagi di Pusat Kota Sumut?

Sulsel Berkembang, 2 Kabupaten Baru Bergabung dalam Pemekaran Wilayah Suawesi Selatan yang Membuat Gelombang Diskusi Warganet-(freepik.com/wirestock)-

Pada awal tahun 1949, terjadi reorganisasi pemerintahan di Sumatra yang mengakibatkan dihapusnya jabatan Gubernur Sumatera Utara.

Namun, melalui keputusan Pemerintah Darurat R.I. dan Ketetapan Pemerintah Darurat R.I., Provinsi Aceh dan Provinsi Tapanuli/Sumatera Timur terbentuk.



Kemudian, dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 5 Tahun 1950, Provinsi Sumatera Utara dibentuk kembali.

Baca juga: Pasar Udang Jawa Timur Jadi Produsen dan Pusat Tengkulak, Ada Lamongan, Banyuwangi, Gresik Berlomba Menghasilkan 18 Ribu Ton!

Baca juga: Breaking News! Riau Kini Punya Tambahan Daerah Seluas 3707,84 Km2, Temukan Fakta Menarik di Balik Keputusan 16 Januari





×

Baca juga: Bukit Harta Karun Ditemukan di LAMPUNG! Jaraknya 50km dari Ibu Kota, Kejutkan Warga dengan Kekayaan Melimpah Bak Imajinasi Gibli

Provinsi Sumatera Utara terletak di antara lintang 1°–4° Utara dan bujur 98°–100° Timur, dengan wilayah yang dapat dibagi menjadi Pesisir Timur, Pegunungan Bukit Barisan, Pesisir Barat, dan Kepulauan Nias.

Pesisir Timur, yang merupakan wilayah dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, memiliki infrastruktur yang lebih lengkap dibandingkan dengan wilayah lainnya.

Pegunungan Bukit Barisan, yang terletak di tengah provinsi, menjadi rumah bagi beberapa kantong-kantong penduduk, terutama di sekitar Danau Toba dan Pulau Samosir.

Sementara itu, Pesisir Barat, meskipun sempit, memiliki komposisi penduduk yang beragam, termasuk masyarakat Batak, Minangkabau, dan Aceh.

Provinsi Sumatera Utara juga meliputi 419 pulau, dengan dua pulau terluar yaitu Pulau Simuk di Kepulauan Nias dan Pulau Berhala di Selat Malaka. Kepulauan Nias terdiri dari 132 pulau, dengan pulau utamanya adalah Pulau Nias.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr