sunbanner

Terobosan Kilat! Kalimantan Timur Bersiap Membuat Sejarah dengan Bentuk 2 Kota Cerdas, Persaingan Hebat dengan IKN hingga Gandeng Perusahaan Jepang!

Terobosan Kilat! Kalimantan Timur Bersiap Membuat Sejarah dengan Bentuk 2 Kota Cerdas, Persaingan Hebat dengan IKN hingga Gandeng Perusahaan Jepang!

Terobosan Kilat! Kalimantan Timur Bersiap Membuat Sejarah dengan Bentuk 2 Kota Cerdas, Persaingan Hebat dengan IKN hingga Gandeng Perusahaan Jepang!-samson/unplash-

Dengan kolaborasi bersama perusahaan asing dari Jepang, pemerintah provinsi Kaltim berupaya keras untuk meningkatkan infrastruktur kota-kotanya.

Salah satu perusahaan asal Jepang yang terlibat adalah Japan International Cooperation Agency (JICA).



Rencana pembangunan di Kalimantan Timur telah diformulasikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia.

Pemerintah menganut konsep Smart City dan Kota Berkelanjutan untuk ketiga kota utama, yakni Balikpapan, Samarinda, dan IKN.

Kemitraan antara pemerintah Indonesia dan JICA bertujuan untuk memastikan pembangunan kota di Kalimantan Timur memperhatikan keunikan dan karakteristik masing-masing kota.





×

Baca juga: Surganya Sirsak! Inilah Kota dan Kabupaten Penghasil Sirsak Terbesar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, NTB hingga Jawa Barat, Tengkulak Merapat!

Baca juga: Cirebon Masuk Jurang Kemiskinan? 8 Kota dan Kabupaten Termiskin di Jawa Barat, Paling Dominan Terbanyak Daerah Mana?

Baca juga: Mall nya Pribumi! Inilah Supermarket Megah di Medan yang Jadi Pusat Perbelanjaan Satu-satunya Bangsawan Netherland?

Selain itu, fokus pembangunan yang melibatkan perusahaan Jepang ini terutama pada sektor ekonomi hijau.

Dukungan yang diberikan oleh JICA meliputi bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, serta pengembangan ekonomi.

Semua ini menjadi kunci keberhasilan proyek ambisius ini. Yusliando, selaku Kepala Bappeda Kaltim, mengungkapkan harapannya bahwa proyek ini tidak hanya memberikan manfaat bagi warga lokal, tetapi juga menjadi inspirasi atau contoh bagi daerah lain.

Rencana pembangunan yang telah disusun untuk setiap kota di Kalimantan Timur mencakup berbagai aspek yang terperinci dan terinci.

lanjutan, Cek kota-kotanya ada pada halaman berikutnya,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr