sunbanner

Terobosan Tahun Ini! Bendungan Pertama Maluku Siap Mengairi 10 Ribu Hektar Lahan! Jadi Harapan Baru Masyarakat!

Terobosan Tahun Ini! Bendungan Pertama Maluku Siap Mengairi 10 Ribu Hektar Lahan! Jadi Harapan Baru Masyarakat!

-PEXEL-

Namun, ini sebanding dengan manfaat yang akan diperoleh masyarakat setempat dari keberadaan bendungan ini.

Pembangunan Bendungan Way Apu tidak terlalu mudah dilaksanakan. Pada awalnya, proyek ini mengalami kendala dalam pembebasan lahan, yang memaksa jadwal kontrak mundur dari tahun 2022 menjadi tahun 2024.



Proyek ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk diselesaikan, yakni sekitar 7 tahun sejak kontrak pertama kali ditandatangani pada Desember 2017.

Baca juga: Mengguncang Jateng: Inilah Lima Daerah Paling Tertinggal dalam Indeks Kemiskinan di Jawa Tengah pada Tahun 2023!

Baca juga: Bikin Nagih! Inilah 5 Daerah Penghasil Sirsak Terbesar di Indonesia Ada di Jawa Timur, Jateng, Jabar hingga Sumatera hingga NTB!





×

Baca juga: Surganya Sirsak! Inilah Kota dan Kabupaten Penghasil Sirsak Terbesar di Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera, NTB hingga Jawa Barat, Tengkulak Merapat!

Bendungan Way Apu bukan hanya sekadar bangunan fisik. Dengan kapasitas tampung hingga 50,05 juta meter kubik, bendungan ini dapat mendukung pasokan air baku serta irigasi lahan pertanian.

Selain itu, proyek ini juga melibatkan pembangunan jaringan irigasi yang akan memastikan air dapat dialirkan ke lahan pertanian dengan lancar.

Keberadaan Bendungan Way Apu juga memberikan peluang untuk memproduksi listrik. Dengan pembangkit listrik sebesar 8 megawatt, proyek ini dapat menyediakan daya untuk sekitar 8.750 rumah dengan kebutuhan 900 watt.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr