sunbanner

Potret Pembaharuan di Sumatera Utara, Pemekaran 5 Provinsi Tergagas, Inilah Kabupaten yang Mencuat Sebagai Calon Pusat Otonomi Baru!

Potret Pembaharuan di Sumatera Utara, Pemekaran 5 Provinsi Tergagas, Inilah Kabupaten yang Mencuat Sebagai Calon Pusat Otonomi Baru!

daerah-SwidaAlba/pixabay-

Wilayah baru ini akan meliputi bagian Tapanuli Bagian Selatan, mencakup wilayah Ta­panuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, dan kota Padang Sidempuan.

Selain itu, ada wacana bahwa kota Padang Sidempuan akan menjadi ibu kota dari Provinsi Sumatera Tenggara yang baru terbentuk, memberikan tantangan dan peluang baru bagi perkembangan daerah.



Baca juga: Pindahnya Ibu Kota Aceh Gegerkan Warga? Perubahan Mengejutkan Wilayah Seluas 181.06KM2 Bekas Pemekaran Kabupaten Ini?

Baca juga: Playen dan Wonosari Pilih Kabur dari Gunung Kidul Karena Bikin Sumpek! Kepadatan Penduduknya Bikin Sesak Nafas Capai Angka 1.195,82 jiwa Per Km²

Berbagai alasan mendukung pemekaran wilayah, termasuk sejarah administratif yang kaya, seperti wilayah bekas Kerisidenan Pemerintahan Hindia Belanda yang masih memiliki pengaruh kuat hingga saat ini.





×

Provinsi Sumatera Utara sendiri terdiri dari sejumlah keresidenan, termasuk Aceh, Sumatera Timur, dan Tapanuli, yang mencerminkan kekayaan sejarah dan budaya yang menjadi bagian integral dari identitas provinsi ini.

***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr