sunbanner

Eksplorasi Keindahan Kabupaten Baru Seluas 4.828 Km2 Gabung Kalimantan Utara, Surga Tersembunyi Imbas Pemekaran Kalimantan Timur

Eksplorasi Keindahan Kabupaten Baru Seluas 4.828 Km2 Gabung Kalimantan Utara, Surga Tersembunyi Imbas Pemekaran Kalimantan Timur

ANAK BARU! Pemekaran Hebat! Sulawesi Tenggara Lahirkan Daerah Baru: Misteri Luas 3.391,62 Km² Terbongkar pada 7 Januari!-UNPLASH-

Pemekaran tersebut bertujuan untuk meningkatkan pelayanan publik serta mempercepat pembangunan di wilayah tersebut.

Tak hanya itu, provinsi Kalimantan Utara sendiri juga terbentuk dari pemekaran wilayah Kalimantan Timur.



Saat ini, luas wilayah Kalimantan Utara mencapai kurang lebih 75.467 kilometer persegi dan terbentuk pada tahun 2012.

Pembentukan Kalimantan Utara sebagai daerah otonom baru (DOB) disahkan melalui Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012 dengan persetujuan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kabupaten baru yang menjadi bagian dari Kalimantan Utara setelah dilepaskan dari Kalimantan Timur adalah Kabupaten Tana Tidung.





×

Baca juga: Surga Belanja Kaum Ibu, Mall Raksasa di Pacitan Lokasinya Tersembunyi, Wajib Dikunjungi Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, Banjir Diskon Melimpah Moms!

Baca juga: Rp545MTerbayar Lunas! Jembatan Sungai Sambas Tonggak Megah Prestasi Kalimantan Barat, Dibangun Pakai Teknologi Tercanggih dan Pertama di Indonesia

Baca juga: Pindahnya Ibu Kota Aceh Gegerkan Warga? Perubahan Mengejutkan Wilayah Seluas 181.06KM2 Bekas Pemekaran Kabupaten Ini?

Selain itu, beberapa kabupaten dan kota lainnya seperti Nunukan, Bulungan, Malinau, dan Kota Tarakan juga masuk ke dalam wilayah Kalimantan Utara.

Kabupaten Tana Tidung memiliki ibu kota di Tideng Pale atau Tidung Pala dan terdiri dari lima kecamatan.

Peristiwa ini menunjukkan komitmen pemerintah dalam memperkuat pembangunan di berbagai wilayah Indonesia.

Pemekaran daerah menjadi langkah strategis untuk meningkatkan pelayanan publik, mengoptimalkan potensi daerah, dan meratakan pembangunan di seluruh nusantara.

Dengan bergabungnya kabupaten baru ini ke dalam Kalimantan Utara, diharapkan akan terjadi percepatan pembangunan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pelayanan publik yang lebih baik.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr