sunbanner

Penasaran! Dua Daerah di Jawa Barat Sedang Garap Proyek Tersembunyi, Wilayah Baru Akan Muncul di Dekat Kabupaten Bandung? Simak Selengkapnya!

Penasaran! Dua Daerah di Jawa Barat Sedang Garap Proyek Tersembunyi, Wilayah Baru Akan Muncul di Dekat Kabupaten Bandung? Simak Selengkapnya!

Simak Rencana Heboh 4 Kabupaten di Jawa Timur Siap Dijadikan Provinsi, Nama Destinasi Baru Terungkap!-unplash-

Berikut adalah rincian lebih lanjut mengenai dua daerah yang sedang membentuk wilayah baru di kawasan Provinsi Jabar.

Kota Cimahi

Pertama, ada Kota Cimahi yang merupakan salah satu wilayah baru yang dianggap memiliki potensi besar di Kabupaten Bandung.



Terbentuk pada tanggal 21 Juni 2001, wilayah baru ini didirikan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2001.

Pembentukan Kota Cimahi sebagai pemekaran wilayah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, memiliki luas wilayah sebesar 39,27 kilometer persegi, dengan batas berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dan Kota Bandung.

Proses pembentukan wilayah baru di Provinsi Jabar ini merupakan langkah yang diambil oleh DPR-RI.





×

Baca juga: Surga Belanja Kaum Ibu, Mall Raksasa di Pacitan Lokasinya Tersembunyi, Wajib Dikunjungi Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, Banjir Diskon Melimpah Moms!

Baca juga: Rp545MTerbayar Lunas! Jembatan Sungai Sambas Tonggak Megah Prestasi Kalimantan Barat, Dibangun Pakai Teknologi Tercanggih dan Pertama di Indonesia

Baca juga: Pindahnya Ibu Kota Aceh Gegerkan Warga? Perubahan Mengejutkan Wilayah Seluas 181.06KM2 Bekas Pemekaran Kabupaten Ini?

Kabupaten Bandung Barat

Kemudian, terdapat Kabupaten Bandung Barat yang juga merupakan salah satu kawasan potensial di Kabupaten Bandung.

Kabupaten ini resmi berdiri pada tanggal 2 Januari 2007, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2007, dengan ibu kota kabupaten yang terletak di Ngamprah.

Undang-undang ini membahas mengenai pembentukan Kabupaten Bandung Barat di Provinsi Jawa Barat.

Kabupaten ini memiliki luas wilayah yang mencapai 1305,77 kilometer persegi, dan letaknya sangat strategis, berbatasan dengan Kabupaten Subang, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Bandung.

Selain itu, Kabupaten Bandung Barat juga berbatasan langsung dengan Kota Cimahi dan Kota Bandung.

Lebih lanjut, wilayah baru yang menjanjikan ini ternyata merupakan hasil dari inisiatif DPR-RI.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr