sunbanner

Bogor Raya Menuju Keberpisahan dari Jawa Barat? Pemekaran Wilayah Libatkan 5 Kabupaten dan Kota Diisukan Bentuk Otonomi Daerah Baru, Bukan Wacana?

Bogor Raya Menuju Keberpisahan dari Jawa Barat? Pemekaran Wilayah Libatkan 5 Kabupaten dan Kota Diisukan Bentuk Otonomi Daerah Baru, Bukan Wacana?

daerah-sasint/pixabay-

Beberapa media telah mengulas mengenai kerjasama antara pemerintah kota dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam merumuskan rencana pemekaran wilayah.

Bahkan, konsep ini sudah diusulkan dalam kajian akademis sejak tahun 2019.



Bogor Raya diusulkan akan terbentuk dari wilayah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

Meskipun begitu, rencana Bogor Raya tidak sepenuhnya mendapat dukungan dari seluruh pihak.

Baca juga: Terungkap! Proyek Megah Rp4 Triliun: Jalan Raya Baru yang Bakal Mempercepat Perjalanan dari Tangerang Selatan ke Jakarta dan Bogor!





×

Baca juga: Dimana Letak Kabupaten Termuda yang Ada di Maluku Utara? Benarkah Dari Hasil Pemekara Baru yang Sudah Sah 11 Januari?

Baca juga: Tambah Kabupaten Baru dengan Luas 33.052 Km², Kalimantan Timur Akhirnya Resmikan Wilayah Baru Sejak 4 Oktober Sudah Diberikan Restu Oleh Presiden

Ada dua daerah yang menolak untuk bergabung dalam konsep Bogor Raya setelah memisahkan diri dari Jawa Barat, yaitu Bekasi dan Depok.

Kedua kota ini lebih cenderung untuk bergabung dengan Jakarta daripada dengan Bogor.

Alasan dari penolakan ini diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Depok, Hardiono, serta Walikota Depok, Mohammad Idris.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr