sunbanner

Kota Bekasi Bakal Keluar dari Jawa Barat? Sajian Spesial! Mengupas Tuntas 5 Daerah yang Diduga akan Bergabung dalam Pembentukan Provinsi Bogor Raya

Kota Bekasi Bakal Keluar dari Jawa Barat? Sajian Spesial! Mengupas Tuntas 5 Daerah yang Diduga akan Bergabung dalam Pembentukan Provinsi Bogor Raya

desa-Kookay/pixabay-

Kota Bekasi Bakal Keluar dari Jawa Barat? Sajian Spesial! Mengupas Tuntas 5 Daerah yang Diduga akan Bergabung dalam Pembentukan Provinsi Bogor Raya.

Jawa Barat, dengan luas mencapai 35.377,76 km persegi dan jumlah penduduk mencapai 49,4 juta jiwa, dipimpin oleh Ridwan Kamil.



Namun, seiring dengan perkembangan waktu, muncul gagasan untuk memecah wilayah tersebut menjadi lebih kecil, salah satunya adalah pembentukan Provinsi Bogor Raya.

Gagasan ini tidak lagi sekadar menjadi wacana belaka. Bima Arya, walikota Bogor, telah mengumumkan kesiapannya untuk membentuk tim khusus guna mewujudkan Bogor Raya.

Baca juga: 5 Daerah yang Diisukan Akan Menjadi Bagian dari Provinsi Bogor Raya dalam Rencana Pemekaran Otonomi Daerah di Jawa Barat, Termasuk Kota Bekasi?





×

Baca juga: Dimana Letak Kabupaten Termuda yang Ada di Maluku Utara? Benarkah Dari Hasil Pemekara Baru yang Sudah Sah 11 Januari?

Baca juga: Tambah Kabupaten Baru dengan Luas 33.052 Km², Kalimantan Timur Akhirnya Resmikan Wilayah Baru Sejak 4 Oktober Sudah Diberikan Restu Oleh Presiden

Dukungan juga datang dari sejumlah media, dengan rencana kerjasama antara Pemerintah Kota Bogor dan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk melakukan pemekaran wilayah. Bahkan, ide ini telah diajukan dalam sebuah kajian akademis pada tahun 2019.

Bogor Raya direncanakan akan terdiri dari Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

Namun, rencana ini tidak berjalan mulus, dengan dua daerah menolak untuk bergabung dengan Bogor Raya setelah memisahkan diri dari Jawa Barat.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr