sunbanner

Mendadak Mangkrak? Bendungan Aceh Ditunda dengan Anggaran Rp1,7 T yang Menggantung! Temukan Fakta Terkini yang Bikin Penasaran!

Mendadak Mangkrak? Bendungan Aceh Ditunda dengan Anggaran Rp1,7 T yang Menggantung! Temukan Fakta Terkini yang Bikin Penasaran!

Penampungan Air Raksasa: Bendungan Baru Dibangun di Kaltim Siap Membanjiri IKN Nusantara dengan Kapasitas 2.000 Liter/Detik!--

Bendungan ini terletak di Desa Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh.

Dimulai pada tanggal 9 Januari 2015, pembangunan Bendungan Keureuto diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi.



Bendungan ini memiliki kapasitas tampung sebesar 215,94 juta meter kubik dan dirancang khusus untuk menampung banjir dengan kapasitas sekitar 30,39 juta meter kubik per detik atau setara dengan 501,95 meter kubik per detik.

Baca juga: Eksplorasi Keindahan Kabupaten Baru Seluas 4.828 Km2 Gabung Kalimantan Utara, Surga Tersembunyi Imbas Pemekaran Kalimantan Timur

Baca juga: Jelang Era Baru! Provinsi Bangka Belitung Resmi Terpecah, Ini Dia Rincian Wilayahnya yang Menggemparkan, Ibu Kota Bakal Pindah?





×

Baca juga: YUK Serbu Diskonnya! Belanja Hemat di Mall Terbesar Pacitan, Warga Lokal Sudah Tahu Lokasinya? Cek Selengkapnya di Sini

Hal ini diharapkan dapat mengurangi debit banjir di wilayah Aceh Utara hingga periode ulang 50 tahun.

Selain sebagai pengendali banjir, Bendungan Keureuto juga berfungsi sebagai penyedia air irigasi yang dapat mengairi lahan seluas 9.420 hektar.

Diperkirakan bahwa bendungan ini akan menyediakan pasokan air baku sebesar 400 liter per detik dan memiliki kapasitas pembangkit listrik sebesar 5 MW.

Meskipun demikian, penyelesaian pembangunan bendungan ini sempat terhenti selama kurang lebih 2 tahun karena adanya masalah dalam pembebasan lahan di kawasan Aceh Utara.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr