sunbanner

Le Minerale AMAN! Penjelasan WHO Soal Kadar Bromat Air Minum dalam Kemasan Tak Lebihi Batas, Begini Klarifikasi dan Penjelasannya

Le Minerale AMAN! Penjelasan WHO Soal Kadar Bromat Air Minum dalam Kemasan Tak Lebihi Batas, Begini Klarifikasi dan Penjelasannya

Le Minerale AMAN! Penjelasan WHO Soal Kadar Bromat Air Minum dalam Kemasan Tak Lebihi Batas, Begini Klarifikasi dan Penjelasannya-pexel-

Kebenaran Soal Kadar Bromat

Menurut pernyataan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), senyawa bromida secara alami terdapat dalam air tanah.

Karenanya, tiap air minum dalam kemasan yang berasal dari sumber air tanah mengandung bromat.



Meski demikian, terdapat batasan tertentu untuk kadar bromat guna mencegah dampak negatifnya terhadap kesehatan.

Dilansir Oto dari Kompas.com bahwa PT Tirta Fresindo Jaya, yang merupakan produsen air minum Le Minerale, menyebutkan bahwa kadar bromat dalam produknya adalah sebesar 0,4 parts per billion (ppb) atau setara dengan 0,0004 miligram (mg) per liter.

Di sisi lain, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menetapkan batas maksimum kadar bromat sebesar 10 ppb atau 0,01 mg per liter.





×

Febri Satria Hutama, selaku Direktur Pemasaran Le Minerale, menyampaikan bahwa perusahaan rutin melakukan pengujian kadar bromat setiap enam bulan sekali di laboratorium terakreditasi, yakni Badan Besar Industri Agro (BBIA).

"Selain uji eksternal, Le Minerale juga melakukan uji internal dan uji sampel market secara berkala. Hasil pengujiannya pun konsisten bahwa kadar bromat pada Le Minerale sesuai standar dan di bawah ambang batas aman yang direkomendasikan,"ungkap Febri melalui keterangan tertulis pada Jumat (23/2/2024).

Baca juga: Misteri Terpecahkan! Kota Mungil di Banten Resmi Terbentuk dengan Potensi Melimpah, Dimana Lokasinya dan Didaerah Mana?

Baca juga: Bongkar Pemekaran, Provinsi Bangka Belitung Berkembang Pesat dengan Luas 3.028,794 Km2, Yuk Intip Fakta Menarik di Balik Keputusan Ini! Ibu Kota Bakal Berubah?

Baca juga: 6 Destinasi Wisata Terbaru di Trawas Mojokerto yang Lagi Hits di TikTok!

FAKTA Kadar Bromat di Le Minerale Tidak Benar?

Perlu ditekankan bahwa pernyataan tentang tingginya kadar bromat dalam produk Le Minerale adalah tidak tepat. PT Tirta Fresindo Jaya dengan tegas menyatakan bahwa produknya telah melewati standar keamanan untuk konsumsi manusia.

Berdasarkan hasil uji yang dilakukan di laboratorium, kadar bromat dalam Le Minerale tercatat sebesar 0,4 bagian per miliar (ppb). Adapun, batas maksimum yang ditetapkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) adalah 10 ppb. Dengan demikian, produk tersebut jauh di bawah ambang batas yang telah ditetapkan oleh otoritas kesehatan.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr