sunbanner

Sengitnya Pertarungan Wilayah: Pemekaran Sumatera Utara yang Memikat Membuat Toba Raya dan Tapanuli Rebutan Daerah Ini

Sengitnya Pertarungan Wilayah: Pemekaran Sumatera Utara yang Memikat Membuat Toba Raya dan Tapanuli Rebutan Daerah Ini

Tersembunyi ! 5 Kecamatan Terpencil Kabupaten Bone, Nomor 1 Bikin Terkejut, Bukan Kahu, Melainkan Daerah yang Jaraknya 112 km dari Watampone-(Freepik.com/@frimufilms)-

Kelima calon daerah otonomi baru tersebut melibatkan Provinsi Tapanuli, Provinsi Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Tenggara, Provinsi Toba Raya, dan Provinsi Sumatera Timur.

Calon Provinsi Toba Raya menjadi sorotan utama dengan usulan terakhir yang mencakup 10 kabupaten dan 1 kota yang akan bergabung.



Wilayah tersebut mencakup Kota Pematang Siantar, Kabupaten Samosir, Toba Samosir, Karo, Simalungun, Pakpak, Pakpak Barat, Dairi, Tapanuli Utara, dan Humbang Hasundutan.

Keunggulan yang dimiliki calon Provinsi Toba Raya terletak pada sektor pariwisata. Keberadaan Danau Toba dengan Pulau Samosir yang terkenal hingga ke tingkat internasional menjadi daya tarik utama.

Baca juga: Eksplorasi Keindahan Kabupaten Baru Seluas 4.828 Km2 Gabung Kalimantan Utara, Surga Tersembunyi Imbas Pemekaran Kalimantan Timur





×

Baca juga: Jelang Era Baru! Provinsi Bangka Belitung Resmi Terpecah, Ini Dia Rincian Wilayahnya yang Menggemparkan, Ibu Kota Bakal Pindah?

Baca juga: YUK Serbu Diskonnya! Belanja Hemat di Mall Terbesar Pacitan, Warga Lokal Sudah Tahu Lokasinya? Cek Selengkapnya di Sini

Kabupaten Samosir juga menonjolkan keindahan alam serta mengenalkan peninggalan sejarah dengan keragaman budaya dan seni.

Namun demikian, keberhasilan pemekaran Provinsi Toba Raya dan Provinsi Tapanuli sangat bergantung pada sejumlah faktor seperti dukungan masyarakat, regulasi pemerintah pusat, dan alokasi sumber daya.

Selain itu, reaksi masyarakat dan pemangku kepentingan terhadap pemekaran ini juga menjadi bagian penting dari dinamika politik lokal.

Pendapat tokoh masyarakat, pemimpin daerah, dan elemen kunci lainnya akan memainkan peran krusial dalam menentukan dukungan atau penolakan terhadap pemekaran ini.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr