sunbanner

Luasnya 840,16 km2, Kabupaten Paling Padat di Jawa Barat Siap Bergabung dengan Provinsi Baru Pakuan Bhagasasi, Gimana Nasib Bandung?

Luasnya 840,16 km2, Kabupaten Paling Padat di Jawa Barat Siap Bergabung dengan Provinsi Baru Pakuan Bhagasasi, Gimana Nasib Bandung?

Bogor dan Bandung Tersingkir! Berikut 3 Daerah Terluas di Jawa Barat yang Punya Wilayah Terlebar dan Paling Bikin Lega Karena Gak Banyak Penduduk! Cianjur dan Garut Masuk Apa Tidak?--

Usulan ini muncul sebagai respons terhadap ajakan Walikota Bogor, Bima Arya, untuk membentuk Provinsi Bogor Raya.

Walikota Bekasi, Rahmat Effendi, menolak ajakan tersebut dengan alasan bahwa Kota Bekasi memiliki perbedaan budaya yang signifikan dengan Bogor.



Menurutnya, kultur Kota Bekasi sebenarnya lebih dekat dengan Jakarta daripada Bogor.

Oleh karena itu, sebagai alternatif, Rahmat Effendi mengusulkan pembentukan Provinsi Pakuan Bhagasasi, yang meliputi Kota Bekasi dan empat daerah lainnya.

Pilihan nama "Pakuan Bhagasasi" tidaklah sembarangan. Nama ini dipilih dengan mempertimbangkan konteks sejarah yang ada.





×

Kata "Pakuan" digunakan untuk merujuk pada "kerajaan" pada masa lalu. Sebenarnya, wilayah Bekasi saat ini dulunya merupakan pusat Kerajaan Tarumanegara yang bersejarah.

Sedangkan "Bhagasasi" adalah nama kuno untuk Bekasi yang ditemukan dalam salah satu prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara.

Provinsi Pakuan Bhagasasi potensial memiliki dampak yang luar biasa pada perkembangan wilayah ini.

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr