sunbanner

Luar Biasa! Jakarta Provinsi Mini yang Sering Gonta-ganti Nama Bekas Pemekaran Jawa Barat? Apa yang Baru Setelah 13 Kali Ganti Nama Terakhir?

Luar Biasa! Jakarta Provinsi Mini yang Sering Gonta-ganti Nama Bekas Pemekaran Jawa Barat? Apa yang Baru Setelah 13 Kali Ganti Nama Terakhir?

Keajaiban Kecil Kota Solo yang Mengejutkan Punya 3 Kecamatan Tersempit, Mengungkap 3,08 Km2 Luas yang Menggetarkan!-PEXEL-

Pada 8 Januari 1935, pemerintah Hindia Belanda mengganti namanya menjadi Stad Gemeente Batavia, menggabungkan dua nama sebelumnya.

Ketika Jepang menguasai wilayah ini pada tahun 1942, nama wilayah tersebut kembali berubah menjadi Tokubetshu Shi.



Namun, setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, wilayah tersebut menjadi bagian dari Indonesia dan dinamai Kota Jakarta.

Meskipun Jakarta awalnya merupakan bagian dari Jawa Barat, namun kemudian dimekarkan menjadi provinsi sendiri dengan luas wilayah 661,5 km2.

Baca juga: Bukan Semarang! Daerah Ini Rajai Peringkat dengan Nilai IMP 84,08 sebagai Juara Penghasil Orang Pintar di Jawa Tengah





×

Baca juga: Rekomendasi 4 Mall Terbaik Pilihan untuk Belanja di Sumedang, Cek Apa Saja dan Dimana Lokasinya!

Baca juga: 5 Daerah Termahal di Kalimantan Barat, Biaya Hidup Mengejutkan yang Bisa Bikin Minder Banyak Orang!

Meskipun provinsi, Jakarta dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia.

Pada 15 Januari 1960, nama Jakarta diubah menjadi Kota Praja Djakarta Raya, menjadi ibukota negara berdasarkan Keppres Nomor 2 Tahun 1961.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr