Pemekaran NTT Rubah Jadi Wilayah Hebat: 10 April Tandai Lahirnya Kabupaten Raksasa! Kira-kira, Apa Yang Bikin Daerah Ini Begitu Spesial?

Pemekaran NTT Rubah Jadi Wilayah Hebat: 10 April Tandai Lahirnya Kabupaten Raksasa! Kira-kira, Apa Yang Bikin Daerah Ini Begitu Spesial?

Pemekaran NTT Rubah Jadi Wilayah Hebat: 10 April Tandai Lahirnya Kabupaten Raksasa! Kira-kira, Apa Yang Bikin Daerah Ini Begitu Spesial?-PEXEL-

Pemekaran wilayah juga dapat dipicu oleh ketidakadilan dalam distribusi sumber daya dan kebijakan pembangunan.

Beberapa daerah mungkin merasa tidak mendapatkan bagian yang adil dalam alokasi sumber daya dan dukungan pemerintah, sehingga muncul desakan untuk memperjuangkan otonomi yang lebih besar.



Salah satu contoh konkret dari pemekaran wilayah terjadi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Daerah terluas di provinsi tersebut, yaitu Kabupaten Kupang, memilih untuk melakukan pemekaran wilayah, membentuk kabupaten baru yang diberi nama Kabupaten Rote Ndao.

Dengan luas mencapai 1.286,45 km2, kabupaten baru ini memiliki andil sebesar 2,77% dari total luas wilayah provinsi.

Baca juga: Pemekaran Provinsi Toba Raya Bersiap Wujudkan Dinamika Baru dan Potensi Luar Biasa, 9 Kabupaten dan 1 Kota Ikut Bergabung Bersama





×

Baca juga: Menuju Kota Makmur! Inilah Sejarah Tanjung Balai Wilayah Strategis di Ujung Barat Sumatera Utara dan Dinobatkan Sebagai Daerah Berpotensi, Berikut Ulasannya!

Melalui data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Kabupaten Kupang tercatat sebagai daerah terluas di NTT pada tahun 2022.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr