Telan Dana Rp1,02 Triliun! Bendungan Perdana Didiran di Sulawesi dengan Anggaran Fantastis!

Telan Dana Rp1,02 Triliun! Bendungan Perdana Didiran di Sulawesi dengan Anggaran Fantastis!

Arungkan Gelombang Air, Bendungan Terbesar di Kalimantan Timur Siap Menyuplai 2.000 Liter per Detik ke IKN Nusantara!--

Telan Dana Rp1,02 Triliun! Bendungan Perdana Didiran di Sulawesi dengan Anggaran Fantastis!

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah giat membangun Bendungan Budong-Budong di Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat.



Proyek megah ini menjadi tonggak sejarah, menjadi bendungan pertama yang dibangun sejak Indonesia merdeka di Sulawesi Barat.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, dalam pernyataannya pada Minggu (25/2/2024), menyebutkan bahwa pembangunan bendungan ini tidak hanya berfokus pada struktur fisik bendungan itu sendiri, tetapi juga mengakomodasi pembangunan jaringan irigasi yang meluas.

Baca juga: Pertama Kali Di Dunia, Nusa Tenggara Timur Jadi Satu-Satunya Wilayah di NKRI yang Punya Jembatan Revolusioner Bukan Terbuat dari Beton Melainkan





×

Baca juga: Siap Berpisah? Wacana Empat Calon Daerah Otonomi Baru Sajikan Potret Pembangunan Wilayah Mandiri, Warga Bersiap Ganti KK KTP?

Baca juga: Pecahannya Luar Biasa! NTT Resmikan Kabupaten Baru Seluas 1.286 Km2 pada 10 April, Siapakah Sosok di Balik Keputusan Ini?

Dengan demikian, manfaat dari investasi besar ini diyakini akan dirasakan oleh petani, karena air yang disediakan akan sampai ke lahan pertanian mereka.

"Pembangunan bendungan diikuti oleh pembangunan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani," ujar Basuki Hadimuljono.

Proyek Bendungan Budong-Budong dikerjakan oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR. Bendungan ini memiliki kapasitas tampungan yang besar, mencapai 65,18 juta m3.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr