sunbanner

Bendungan Megah di Sulawesi Barat Dibangun dengan Dana Rp1,02 Triliun! Membuka Pintu Kesejahteraan Warga Lokal!

Bendungan Megah di Sulawesi Barat Dibangun dengan Dana Rp1,02 Triliun! Membuka Pintu Kesejahteraan Warga Lokal!

Tenggelamkan Berapa Digit? Bendungan Kalimantan Timur Baru Dibangun Pas Ada IKN? Mampu Mengalirkan 2.000 Liter/Detik ke IKN Nusantara--

Pembangunan bendungan tidak hanya berperan dalam penyediaan air irigasi dan baku, tetapi juga menjadi solusi penting dalam mengendalikan banjir di kawasan rawan bencana seperti Kecamatan Budong-Budong, Topoyo, dan Karossa.

Dengan mengurangi debit air hingga 60%, dari 341,59 m3/detik menjadi 106,76 m3/detik, bendungan ini menjadi sarana vital dalam mitigasi risiko banjir.



Wilayah Kabupaten Mamuju Tengah dilintasi oleh tujuh sungai utama, yaitu Sungai Budong-Budong, Lumu, Karama, Karossa, Benggaulu, Kamansi, dan Panggajoang.

Sungai-sungai ini bermuara di Selat Makassar setelah mengalir dari daerah perbukitan di bagian timur menuju ke arah barat, melintasi Kabupaten Mamuju Tengah.

Pembangunan Bendungan Budong-Budong direncanakan untuk mengendalikan aliran Sungai Salulebbo, anak sungai dari Sungai Budong-Budong.





×

Baca juga: Pemekaran Terbesar! Sulawesi Tenggara Buka Lembaran Baru dengan Daerah Luas 5.779 Km2!

Baca juga: Pemekaran Provinsi Toba Raya Bersiap Wujudkan Dinamika Baru dan Potensi Luar Biasa, 9 Kabupaten dan 1 Kota Ikut Bergabung Bersama

Kabupaten Mamuju Tengah memiliki luas wilayah sebesar 306.527 km2, dimana sekitar 38% merupakan lahan kering dan sekitar 24% adalah lahan kering sekunder.

Terdiri dari lima kecamatan, yaitu Kecamatan Tobadak, Pangale, Budong-Budong, Topoyo, dan Karossa, kabupaten ini memiliki komoditas unggulan seperti padi, palawija, sawit, kakao, kelapa, jeruk, kopi, tanaman obat, dan aromatika (nilam).***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr