Pantai di Kebumen Ini Ternyata Dulunya Bendungan yang Sengaja dibuat Sejak 15 Tahun yang Lalu, Cukup 30 Menit Dari Pusat Kota Bisa Lihat Keindahan Sunset Disini

Pantai di Kebumen Ini Ternyata Dulunya Bendungan yang Sengaja dibuat Sejak 15 Tahun yang Lalu, Cukup 30 Menit Dari Pusat Kota Bisa Lihat Keindahan Sunset Disini

pantai-Stevebidmead/pixabay-

Tingginya gumuk pasir, mencapai sekitar 8 meter, menjadikannya pembatas alami antara pantai dan laguna.

Keunikan ini ternyata adalah hasil karya penduduk lokal yang dengan sengaja menciptakan gumuk pasir tersebut untuk meredam air laut dan mencegah sedimentasi di muara sungai.



Gumuk pasir yang mengelilingi laguna ini, seiring waktu, telah menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang penasaran dengan keunikan alam Kebumen.

Fenomena ini terbentuk sekitar 15 tahun yang lalu, ketika air laut merembes ke dalam gundukan pasir dan membentuk cekungan menyerupai danau yang dikelilingi oleh hutan cemara.

Selain keindahan alamnya, Pantai Laguna Lembupurwo juga memiliki peran penting sebagai tempat konservasi penyu.





×

Lingkungan yang nyaman membuat pantai ini menjadi tempat ideal bagi penyu untuk bertelur.

Jika beruntung, para pengunjung dapat menyaksikan momen langka ketika penyu-penyu itu bertelur atau beraktivitas di sekitar pantai.

Akses menuju Pantai Laguna Lembupurwo sangat mudah dijangkau, baik dengan sepeda motor maupun mobil.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijau dari perkebunan milik penduduk sekitar, menambah kesan segar dalam perjalanan menuju destinasi ini.

Baca juga: Peta Indonesia Siap Berubah? Inilah Wacana Pemekaran Wilayah Sumatera Utara Berpotensi Pecah Jadi 5 Provinsi Baru

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr