sunbanner

Bukan Tiga Melainkan Lima? Wacana Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara Jika Terealisasikan, Daerah Ini Akan Mengalami Penyusutan Wilayah, Coba Tebak!

Bukan Tiga Melainkan Lima? Wacana Pemekaran Wilayah Provinsi Sumatera Utara Jika Terealisasikan, Daerah Ini Akan Mengalami Penyusutan Wilayah, Coba Tebak!

daerah-htb888/pixabay-

Calon provinsi yang diajukan meliputi Provinsi Tapanuli, Provinsi Kepulauan Nias, Provinsi Sumatera Tenggara, Provinsi Toba Raya, dan Provinsi Sumatera Timur.

Langkah ini, jika terealisasi, akan mengubah lanskap administratif Sumatera Utara secara signifikan.



Implikasi dan Dampaknya

Jika usulan pemekaran wilayah Sumatera Utara berhasil terwujud, provinsi ini akan menyusut menjadi enam daerah saja.

Baca juga: Danau Purba di Jawa Barat ini Berhasil Melahirkan Kota Baru yang Punya Jarak 141 Km dari Wilayah Angin Cirebon: Bakal Disulap jadi Pengganti Paris Van Java





×

Baca juga: Grobogan Makin Ajur Jumm! Usai Terdapat 5 Kecamatan yang Terisolasi dari Hiruk-Pikuk Kota Purwodadi, Warganya Sampe Gempor Jarak Dari Kota Mencapai 43 Km

Baca juga: Perubahan Kota dan Kabupaten di IKN! Wilayah Baru Kaltim di Kutai Barat Setara Luas dengan Negara Tetangga!

Tiga kota besar seperti Medan, Binjai, dan Tebing Tinggi akan tetap berada di bawah kendali provinsi induk, bersama dengan tiga kabupaten utama, Deli Serdang, Langkat, dan Serdang Bedagai.

Perubahan ini tidak hanya akan memengaruhi struktur pemerintahan, tetapi juga akan menciptakan dinamika baru dalam aspek sosial ekonomi di wilayah tersebut.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr