sunbanner

Pantai Cantik dan Laguna Unik di Kebumen Simpan Pesonanya Tersendiri yang Siap Untuk Dijamah: Jadi Tempat Konservasi Penyu Juga

Pantai Cantik dan Laguna Unik di Kebumen Simpan Pesonanya Tersendiri yang Siap Untuk Dijamah: Jadi Tempat Konservasi Penyu Juga

pantai indah dengan adanya laguna di Kabupaten Kebumen yang menjadi tempat konservasi penyu. -(freepik.com/wirestock)-

Gumukan pasir yang mengelilingi laguna tersebut diperkirakan memiliki ketinggian 8 meter dengan panjang sekitar 3 meter.

Gumukan pasir tersebut sengaja dibuat oleh penduduk sekitar dengan tujuan untuk meredam air laut dan menghambat sedimentasi di bagian muara sungai.



Gumuk pasir ini juga bisa dikatakan sebagai pembatas antara pantai dan laguna di sana.

Baca juga: Was-was! Wacana Pemekaran Provinsi Sumatera Utara Jika Menjadi Kenyataan, 3 Daerah Ini Diprediksi Bakal Alami Pengecilan Wilayah, Termasuk Deli Serdang?

Baca juga: Pantai di Kebumen Ini Ternyata Dulunya Bendungan yang Sengaja dibuat Sejak 15 Tahun yang Lalu, Cukup 30 Menit Dari Pusat Kota Bisa Lihat Keindahan Sunset Disini





×

Terlihat pohon cemara yang tampak berjejer mengelilingi laguna yang terbentuk akibat air laut yang merembes ke dalam gundukan pasir hingga tertahan dan membentuk cekungan menyerupai danau.

Konon katanya cekungan tersebut terbentuk sekitar 15 tahun yang lalu. Selain indah sebagai tempat wisata, temmpat ini juga sangat nyaman bagi habitat penyu.

Karena pantai ini pun ternyata dijadikan tempat konservasi dan tempat bertelur penyu. Jika beruntung, kalian bisa bertemu dengan penyu yang berjalan di sekitaran area pantai.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr