sunbanner

Apa Arti Singkatan dan Kepanjangan Batam? Cek Juga 3 Nama Daerah di Kepulauan Riau yang Juga Terinspirasi dari Singkatan!

Apa Arti Singkatan dan Kepanjangan Batam? Cek Juga 3 Nama Daerah di Kepulauan Riau yang Juga Terinspirasi dari Singkatan!

Batam--

2. Kota Batam

Ternyata, seperti Tanjungpinang, terdapat banyak versi sejarah di balik penamaan Kota Batam. Nama Batam sendiri berasal dari pulau Batang yang, menurut legenda, diberi nama berdasarkan batang pohon tertentu yang khas dan menghadap ke Laut Cina Selatan.

Namun, terdapat juga versi lain yang mengungkapkan bahwa nama Batam sebenarnya merupakan gabungan dari dua kata, yaitu "Batu" dan "Ampar".



Kata "Batu" merujuk pada batu besar, sedangkan "Ampar" adalah nama perkampungan pertama di wilayah Batam. Sehingga, dengan menggabungkan kedua kata tersebut, lahirlah nama Batam yang kita kenal saat ini.

3. Kabupaten Natuna

Sejarah penamaan Kabupaten Natuna berawal dari perjalanan laut seorang pendeta Cina bernama I Tsing pada tahun 671 M yang singgah di Kerajaan Sriwijaya. Saat itu, I Tsing berlayar melewati gugusan pulau-pulau besar dan kecil.

Ketika I Tsing berada di salah satu pulau besar, dalam bahasanya ia mengatakan "Nan Toa". Kata "Nan" merujuk pada pulau, sementara "Toa" berarti besar.





×

Dari penggabungan kedua kata tersebut, terciptalah kata "Nantoa" yang menjadi awal sejarah penamaan Natuna. Seiring berjalannya waktu, kata "Nantoa" berubah menjadi Natuna yang berarti pulau yang besar.

Demikianlah, terdapat tiga daerah di Kepulauan Riau yang nama-namanya berasal dari singkatan, yaitu Tanjungpinang, Batam, dan Natuna.***

 

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr