Kota Batam Berani Beda dengan Bendungan Megahnya yang Mampu Menyimpan 101 m3 Kubik, Bikin Iri Pekanbaru

Kota Batam Berani Beda dengan Bendungan Megahnya yang Mampu Menyimpan 101 m3 Kubik, Bikin Iri Pekanbaru

Kota Batam Berani Beda dengan Bendungan Megahnya yang Mampu Menyimpan 101 m3 Kubik, Bikin Iri Pekanbaru-UNPLASH-

Tidak hanya sekadar besar, bendungan ini juga merupakan waduk terluas di Asia Tenggara. Sekitar 70 persen persediaan air baku untuk penduduk Batam berasal dari bendungan megah ini.

Yang menarik, air di Bendungan Duriangkang merupakan hasil pertemuan antara air asin dari laut dengan air sungai, dan karena fenomena ini, bendungan ini dinamai sebagai Bendungan Estuary DAM.



Lokasi Bendungan Duriangkang terletak di kecamatan Sei Beduk, Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Wilayah tangkapan air di dalam bendungan mencapai luas 155,32 km2.

Baca juga: Wahana Seru dan Belanja Hemat! Deretan Mall Terbaru di Sidoarjo yang Penuh Keunggulan, Ada Timezone dan Fasilitas Serba Lengkap!

Baca juga: Mengapa Jakarta dengan Wilayah 661,5 Km2 Bekas Pemekaran Jawa Barat Ini Berganti Nama Berkali-kali Sampai 13 Nama? Alasannya Bikin Tercengang





×

Baca juga: Dana Rp1,02 Triliun Mengalir ke Bendungan Megah Sulawesi Barat- Dibangun DAM Pertama di Sulbar Janjikan Kesejahteraan Warganya?

Dengan spesifikasi panjang 200 meter dan lebar 8 meter, bendungan ini dibangun menggunakan tipe urugan dengan tanah homogen.

Kapasitas tampung air di Bendungan Duriangkang mencapai 101,2 Juta m3, dengan kemampuan penyediaan air mencapai 3000 liter per detik.

Berbagai sektor kehidupan penduduk dan industri di kota ini sangat tergantung pada bendungan raksasa ini.

lanjutan,

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr