sunbanner

Wacana Provinsi Baru Solo Raya Segera Dibentuk? Isu Wacana Pemekaran Jawa Tengah Ajak 7 Kabupaten Keluar Jateng

Wacana Provinsi Baru Solo Raya Segera Dibentuk? Isu Wacana Pemekaran Jawa Tengah Ajak 7 Kabupaten Keluar Jateng

Solo -pariwisata provinsi jawa tengah-

Pemekaran wilayah di Provinsi Jawa Tengah menjadi topik pembicaraan yang tak kunjung selesai.

Provinsi Jawa Tengah saat ini merupakan provinsi terbesar ketiga di Pulau Jawa, dengan luas wilayah yang mencapai sekitar 32.800,7 km2. 



Namun, dalam Provinsi Jawa Tengah, terdapat sebuah kota kecil yang tengah diusulkan untuk menjadi ibu kota provinsi yang baru.

Kota kecil ini berjarak sekitar 104 km dari Semarang. Meski luas wilayahnya hanya sekitar 46 km2 atau 0,1 persen dari luas provinsi, kota ini memiliki populasi yang cukup signifikan, mencapai sekitar 523.008 jiwa menurut data BPS tahun 2022.

Terlepas dari ukurannya yang kecil, kota ini dianggap pantas menjadi ibu kota provinsi yang baru karena memiliki kemandirian ekonomi yang baik.





×

Perekonomian kota kecil di Jawa Tengah ini didukung oleh sektor retail, pariwisata, dan pendidikan. Selain itu, birokrasi dalam provinsi yang luas juga cenderung lebih lambat dalam menangani berbagai permasalahan, terutama di daerah perbatasan.

Baca juga: Warga Bandung Jangan Kaget! Muncul Isu Wacana Jawa Barat Pecah Buat 3 Provinsi Baru, Karawang dan Bekasi Bakal Terlepas?

Baca juga: Ini Ibu Kota Provinsi Baru Pemekaran Sulawesi Tenggara, Bukan Kendari! Begini Isu Wacana Kepulauan Buton yang Segera Terlaksana

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr