sunbanner

6 Julukan Kabupaten Gresik Selain Kota Wali dan Santri, Apa Saja?

6 Julukan Kabupaten Gresik Selain Kota Wali dan Santri, Apa Saja?

Gresik--

4. Kota Bandeng

Julukan Kota Bandeng diberikan kepada Gresik karena tradisi masyarakat yang erat kaitannya dengan ikan bandeng.

Pada setiap akhir bulan Ramadan, warga Gresik melakukan tradisi Lelang Bandeng dan Malem Selawe. Ikan bandeng merupakan jenis ikan yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat Gresik, dan saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, ikan bandeng ini akan dijual di sepanjang jalanan pasar kota.



Tradisi ini menjadi ciri khas yang melekat kuat dalam kehidupan masyarakat Gresik, sehingga Kabupaten Gresik diberi julukan sebagai Kota Bandeng.

5. Kota Semen

Gresik mendapatkan julukan sebagai Kota Semen karena di kabupaten ini terdapat pabrik semen yang sudah berdiri sejak 1957.

Nama dari pabrik semen tersebut adalah PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Pada tahun 1991, pabrik tersebut resmi menjadi BUMN.





×

PT Semen Gresik telah menjadi pemasok semen terbesar di negeri ini. Produknya sendiri memiliku nama Semen Gresik.

6. Kota Industri

Gresik juga mendapatkan julukan sebagai Kota Industri, tidak hanya pabrik semen yang berdiri kokoh di kabupaten ini.

Bahkan Gresik telah memiliki kawasan industri yang dinamakan KIG (Kawasan Industri Gresik). Ada banyak industri besar yang berdiri di sini.

Sebut saja PT Petrokimia Gresik yang menjadi pemasok pupuk terbesar di Indonesia dan masih banyak industri besar lainnya.

Industri kecil juga banyak tersebar di Kabupaten Gresik. Tak heran jika Gresik menjadi salah satu kota tujuan bagi para kaum urban.

Itulah 6 julukan yang telah melekat pada Kabupaten Gresik. Warga Jatim khususnya Gresik pasti bangga dengan julukan bermakna positif tersebut.***

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr