sunbanner

Bentuk Daerah Baru Pemekaran Sumut, Provinsi Tapanuli Mulai Dilirik Sebab Potensi Alam Mendunia? Begini Isu Wacana DOB Indonesia

Bentuk Daerah Baru Pemekaran Sumut, Provinsi Tapanuli Mulai Dilirik Sebab Potensi Alam Mendunia? Begini Isu Wacana DOB Indonesia

daerah-tom-fisk/pexels-

Pemekaran Sumatera Utara, Provinsi Tapanuli 

Pemekaran wilayah menjadi sebuah perbincangan yang semakin hangat dan relevan di Indonesia, terutama dalam konteks peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang merata.

Tujuan utama dari pemekaran wilayah adalah agar kebijakan pemerintah dapat tersalurkan secara merata di seluruh wilayah, dengan harapan dapat menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di daerah tersebut.



Salah satu rencana pemekaran yang tengah dibahas adalah pembentukan Provinsi Tapanuli.

Dalam rencana ini, ada enam wilayah kabupaten/kota yang siap bergabung membentuk Provinsi Tapanuli, yaitu Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Toba, Kabupaten Samosir, Kabupaten Humbang Hasundutan, dan Kota Sibolga.

Ibu kota dari Provinsi Tapanuli direncanakan berada di Kota Sibolga, sebuah kota kecil yang terletak di Sumatera Utara saat ini.





×

Meskipun begitu, ada juga pendapat yang berpendapat bahwa calon ibu kota Provinsi Tapanuli bisa berada di Siborong-borong atau di Tarutung, Tapanuli Utara.

Baca juga: Berapa Tarif Masuk Tol Ngawi-Kertosono? Inilah Tarif Terbaru Jalan Tol 87,02 Km di Jawa Timur yang Sedot Dana Senilai Rp3,83 Triliun

Baca juga: Selesai pada 2029, Bandara dengan Anggaran 37 Triliun ini Siap Dibangun di Karawang dengan Luas Mencapai 4.000 Ha, Masih Menimbulkan Ketidakpastian?

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr