Pecahnya Jawa Timur? Terungkap! 4 Kabupaten Siap Jadi Provinsi Baru dengan Nama Misterius!

Pecahnya Jawa Timur? Terungkap! 4 Kabupaten Siap Jadi Provinsi Baru dengan Nama Misterius!

Pecahnya Jawa Timur? Terungkap! 4 Kabupaten Siap Jadi Provinsi Baru dengan Nama Misterius!-UNPLASH-

Namun, pembentukan Provinsi Madura tidaklah mudah, mengingat adanya persyaratan hukum yang harus dipenuhi.

Menurut informasi yang disampaikan oleh dprd.jatimprov.go.id, Pulau Madura saat ini terdiri dari empat kabupaten: Bangkalan, Sumenep, Pamekasan, dan Sampang.



Namun, sesuai dengan Undang-Undang No. 32 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, untuk dapat menjadi provinsi, sebuah wilayah harus memiliki minimal lima kabupaten atau kota.

Baca juga: Siapa Juara 1 SMA Terbaik di Kalimantan Barat? Benarkah Persaingan Berat Terjadi Antara MAN 2 PONTIANAK vs SMAS KRISTEN IMMANUEL?

Baca juga: Spoiler Film Barat Arthur the King (2024) Paling Ditunggu Kehadirannya Oleh Penonton, Dibintangi Mark Wahlberg dan Nathalie Emmanuel





×

Karenanya, Madura harus mencari satu kabupaten atau kota tambahan untuk memenuhi syarat tersebut.

Namun, proses pemekaran wilayah bukanlah hal yang instan. Dibutuhkan waktu dan proses yang panjang serta keterlibatan semua pemangku kebijakan untuk membahas dan menyelesaikan permasalahan terkait pemekaran wilayah.

Oleh karena itu, upaya untuk menciptakan Provinsi Madura sebagai entitas administratif yang mandiri masih memerlukan perjuangan dan konsolidasi yang kuat dari semua pihak terkait.

Meskipun menjadi tujuan yang diidamkan, proses menuju pemekaran wilayah adalah perjalanan yang panjang dan penuh dengan tantangan.***

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr