sunbanner

Jika Wacana Jakarta dan Banten Bakal Bergabung, Apa Nama Daerahnya? Isu Pemekaran Wilayah Makin Gencar, Sunda Raya Dapat Dukungan Suara Warga?

Jika Wacana Jakarta dan Banten Bakal Bergabung, Apa Nama Daerahnya? Isu Pemekaran Wilayah Makin Gencar, Sunda Raya Dapat Dukungan Suara Warga?

Bakal Saingi Jakarta! Kota Hasi Pemekaran Ini Sumbang Kampus Terbaik dan Ternama di Depok! Jadi Daerah Bekas Pemecahan Tapi Tumbuh Lebih Cepat?-wko-herwantoro/unplash-

Isu tentang penggabungan provinsi Banten dan Jakarta untuk membentuk provinsi baru telah menyebar luas, dan banyak yang mempertanyakan apakah Jakarta akan benar-benar bergabung dengan Banten.

Ini tentu saja merupakan perdebatan menarik, mengingat kedua provinsi ini terletak berdekatan secara geografis.



Melihat sejarah pemekaran provinsi di Indonesia, penggabungan dua provinsi menjadi satu merupakan hal yang jarang terjadi.

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, memiliki pusat pemerintahan yang terdiri dari 5 kota dan 1 kabupaten.

Di sisi lain, provinsi Banten memiliki 4 kota dan 4 kabupaten sebagai pusat pemerintahannya.





×

Jika penggabungan ini terjadi, provinsi baru tersebut akan memiliki 9 kota dan 5 kabupaten.

Pemekaran provinsi biasanya dilakukan dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan dan meningkatkan efisiensi birokrasi. Oleh karena itu, isu tentang penggabungan Jakarta dan Banten ini tentu mengejutkan banyak pihak.

Baca juga: Lokasi Strategis Tempat Wisata di Jombang, Seru untuk Berlibur Bersama Keluarga, Intip Tiket Masuknya di Sini!

Baca juga: 8 Kabupaten Baru di NTT Ini Siap Tambah Potensi Mendunia, Jangan Kaget! Wilayah Baru Ini Berawal dari Kecamatan Kecil

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr