sunbanner

Dibalik 5.983,2 Km²: Perjalanan Panjang Menuju Status Kabupaten Terluas di Sumatera Barat Dihuni Wilayah Berikut Ini!

Dibalik 5.983,2 Km²: Perjalanan Panjang Menuju Status Kabupaten Terluas di Sumatera Barat Dihuni Wilayah Berikut Ini!

Dibalik 5.983,2 Km²: Perjalanan Panjang Menuju Status Kabupaten Terluas di Sumatera Barat Dihuni Wilayah Berikut Ini!-unplash-

Ini merupakan tonggak sejarah karena menjadi kabupaten pertama yang terbentuk dari hasil pemekaran wilayah di provinsi tersebut.

Sumatera Barat awalnya terdiri dari enam kota dan delapan kabupaten. Namun, sejak tahun 1999, provinsi ini telah mengalami perkembangan dengan melakukan pemekaran wilayah terhadap sejumlah kabupaten yang ada.



Saat ini, provinsi ini terdiri dari total 19 wilayah kabupaten/kota, dengan tujuh kota dan 12 kabupaten.

Baca juga: 7 Kecamatan Tersepi di Kabupaten Tangerang Banten yang Memiliki Keindahan yang Tak Terduga dan Keberagaman yang Menawan

Baca juga: Peta Jawa Barat Berubah! Simak Isu Rencana Pemekaran Provinsi Cirebon Raya, Kabupaten Mana yang Ikut Bergabung?





×

Baca juga: Siak dan Bengkalis Bersaing sebagai Pusat Orang Pintar di Provinsi Riau, Daerah Mana Saja Masuk Daftar 7 Wilayah Terpintar di Riau?

Pemekaran wilayah pertama terjadi pada Kabupaten Padang Pariaman pada tahun 1999, yang menghasilkan sebuah kabupaten baru dengan wilayah terluas kedua di Sumatera Barat. Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kabupaten Kepulauan Mentawai terbentuk melalui Undang-Undang Nomor 49 Tahun 1999 pada tanggal 4 Oktober 1999.

Dengan luas wilayah mencapai 5.983,2 kilometer persegi, kabupaten ini merupakan salah satu daerah terluas di Provinsi Sumatera Barat.

Demikianlah gambaran mengenai sejarah dan perkembangan pemekaran wilayah di Provinsi Sumatera Barat, yang menunjukkan upaya dan perubahan dalam tata ruang administratif demi meningkatkan pelayanan dan pembangunan di tingkat lokal.***

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr