sunbanner

Fakta Menarik Pekanbaru yang Jarang Diketahui, Masjid yang Diresmikan Wakil Presiden Pertama Kali Ada Disini Loh, Bisa Tebak Dimana?

Fakta Menarik Pekanbaru yang Jarang Diketahui, Masjid yang Diresmikan Wakil Presiden Pertama Kali Ada Disini Loh, Bisa Tebak Dimana?

daerah-mohamad-sarim.unplash-

Namun, nama Payung Sekaki tidak begitu terkenal, sehingga nama Senapelan tetap digunakan. Sultan Abdul Jalil Alamudin Syah, yang merupakan raja Kerajaan Siak Sri Indrapura, memutuskan untuk menetap di Senapelan dan membangun istana di Kampung Bukit. Akhirnya, pada 23 Juni 1784, melalui musyawarah para datuk-datuk, Senapelan resmi berganti nama menjadi Pekanbaru.

Fakta Menarik Pekanbaru

Kuliner Khas



Pekanbaru juga dikenal sebagai surga kuliner. Kota ini menawarkan berbagai hidangan lezat yang khas, menggugah selera bagi para pecinta makanan.

Rempah-rempah khas Nusantara digunakan dalam hidangan-hidangan yang nikmat.

Beberapa oleh-oleh kuliner favorit para wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru termasuk bolu kemojo, keripik nanas, lopek bugi, dodol kedondong, salai ikan patin, dan masih banyak lagi. Keberagaman kuliner yang unik ini menjadi kebanggaan bagi warga Pekanbaru.





×

Baca juga: Apa Alasan Hotel Bintang 4 di Jawa Timur Ini Pailit? Karywan Beri Bukti Konkrit 40 Tahun Tak Dibayar?

Baca juga: Bripda F Jabatannya Apa? Ini Profil dan Sosok Polisi Makassar yang Diduga Perkosa Pacar hingga 10 Kali

Jembatan Abdul Jalil Alamuddin Syah

Pekanbaru memiliki sebuah jembatan yang unik dan menarik, yaitu Jembatan Abdul Jalil Alamuddin Syah atau lebih dikenal sebagai Jembatan Siak IV.

Jembatan ini menghubungkan pusat kota Pekanbaru dengan Kecamatan Rumbai Pesisir, dan merupakan jalur vital dalam sistem transportasi kota.

Selain sebagai akses transportasi penting, jembatan ini juga menawarkan pemandangan yang indah, dengan sungai Siak yang mengalir di bawahnya. Tempat yang bagus untuk berswafoto dan bersepeda.

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr