sunbanner

Fakta Menarik Pekanbaru yang Jarang Diketahui, Masjid yang Diresmikan Wakil Presiden Pertama Kali Ada Disini Loh, Bisa Tebak Dimana?

Fakta Menarik Pekanbaru yang Jarang Diketahui, Masjid yang Diresmikan Wakil Presiden Pertama Kali Ada Disini Loh, Bisa Tebak Dimana?

daerah-mohamad-sarim.unplash-

Perpustakaan Soeman Hasibuan

Bagi mereka yang mencari keunikan di Pekanbaru, Perpustakaan Soeman Hasibuan adalah tempat yang harus dikunjungi. Perpustakaan ini digunakan untuk menyimpan arsip nasional dan berstatus sebagai perpustakaan provinsi.



Bangunan perpustakaan memiliki bentuk unik yang menyerupai buku terbuka atau alas baca Al-Qur'an. Bangunan berlantai enam ini diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla, pada tahun 2008.

Baca juga: Luasnya 224 Ha! Terdapat Danau Tersembunyi Ternyata Bukan Ditemukan oleh Pribumi Melainkan Perwira Asal Belanda dengan Jarak 48 Km dari Ibukota Papua

Baca juga: Siapa Sosok Kakek 63 Tahun yang Nekat ke Mekkah Naik Sepeda? Kenalan dengan Pak Supriyadi Asal Tangerang





×

Masjid Raya Pekanbaru

Masjid Raya Pekanbaru adalah salah satu masjid tertua di Provinsi Riau.

Dibangun oleh Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah dari Kerajaan Siak pada abad ke-18, masjid ini telah menjalani beberapa kali renovasi. Bangunan ini awalnya memiliki status cagar budaya, tetapi kemudian diubah menjadi struktur cagar budaya oleh Tim Ahli Cagar Budaya Nasional.

Hal ini dilakukan karena masjid ini memiliki peninggalan sejarah yang berharga. Dengan demikian, Masjid Raya Pekanbaru adalah salah satu situs bersejarah yang patut dijelajahi.

Kota Pekanbaru adalah contoh yang menarik dari kekayaan sejarah, budaya, dan kuliner di Indonesia. Dengan sejumlah fakta menarik yang membedakannya, Pekanbaru siap menjadi destinasi wisata yang menarik bagi siapa saja yang ingin menjelajahi pesonanya.

 

 

 

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr