sunbanner

6 Fakta Menarik Kota Batam Ini Bikin Melongo, Pelat Motor Terunik Cuma Ada Satu-satunya di Dunia Nih

6 Fakta Menarik Kota Batam Ini Bikin Melongo, Pelat Motor Terunik Cuma Ada Satu-satunya di Dunia Nih

daerah-asad-photo-maldives/pexels-

Fakta menarik Kota Batam

Berikut adalah beberapa fakta menarik yang membuat Batam begitu istimewa:

Sejarah Kota Batam



Sejarah kota Batam kaya dengan cerita menarik. Berdasarkan peta pelayaran VOC tahun 1675, penghuni pertama di Batam adalah orang laut atau orang selat.

Mereka adalah suku asli Batam dengan ras Melayu. Catatan Tiongkok menyebutkan bahwa pulau Batam sudah dihuni sejak tahun 231 M, saat itu pulau ini dikenal sebagai Pulau Ujung karena berada di ujung Tanah Semenanjung. Pulau Batam juga dihuni oleh suku pedalaman seperti suku Sakai dan Suku Jakun.

Nama "Batam" sendiri memiliki beberapa versi asal-usul, salah satunya berasal dari kata "batang" karena hampir seluruh pantai Batam ditumbuhi oleh batang pohon tertentu. Versi lain mengatakan bahwa Batam berasal dari perkampungan Batuampar yang disingkat menjadi Batam.





×

Zona Bebas Perdagangan

Salah satu keistimewaan Batam adalah statusnya sebagai Free Trade Zone atau Zona Bebas Perdagangan. Di sini, pedagang dapat beroperasi tanpa bea cukai, pajak pertambahan nilai (PPN), dan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM), sehingga barang-barang yang dijual di Batam lebih terjangkau.

Pelat Nomor Kendaraan Bermotor Hijau

Kota Batam memiliki pelat nomor kendaraan bermotor (TNKB) berwarna hijau yang khusus diperuntukkan bagi wilayah yang menerapkan Zona Bebas Perdagangan seperti Batam. Mobil dengan pelat nomor hijau ini tidak diizinkan keluar dari wilayah Batam.

Baca juga: Jawa Tengah Geger Usai Wacana Dua Provinsi Baru Bakal Saingin IKN, Semarang Segera Digantikan Kabupaten Ini?

Baca juga: Siapa Anak Karina Dinda dan Iptu Alvian? Heboh! Kasus Dugaan Perselingkuhan Dokter Wanita dengan Mahasiswanya

TAG:
Sumber:


Berita Lainnya

vidstr