sunbanner

BMKG Peringatkan dan Beri Ciri-ciri Tanda Wilayah Indonesia Mulai Memasuki Pancaroba, Apa Saja? Simak Penjelasannya

BMKG Peringatkan dan Beri Ciri-ciri Tanda Wilayah Indonesia Mulai Memasuki Pancaroba, Apa Saja? Simak Penjelasannya

ilustrasi-neda-astani/unplash-

Wilayah yang akan alami Pancaroba Pertama Kali 

Khusus untuk wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), BMKG mengindikasikan bahwa wilayah tersebut telah memasuki fase akhir masa pancaroba. Meskipun ini bukan musim hujan, tanda-tanda akhir masa pancaroba sudah mulai terlihat.

Pada masa pancaroba ini, arah angin sangat bervariabel, sehingga cuaca dapat berubah dengan cepat, baik dari panas ke hujan atau sebaliknya.



Secara umum, Dwikorita menjelaskan bahwa selama masa pancaroba, cuaca di pagi hari cenderung cerah, kemudian awan mulai berkembang di siang hari, dan hujan biasanya terjadi menjelang sore atau malam hari.

Dalam masa ini, pertumbuhan awan jenis Cumulonimbus (CB) yang biasanya muncul di pagi menjelang siang adalah ciri khas. Awan ini memiliki bentuk seperti bunga kol dengan warna keabu-abuan dan tepian yang jelas.

Ketika sore hari tiba, awan ini dapat berubah menjadi gelap, yang seringkali disertai hujan deras, petir, dan angin kencang.





×

Dwikorita mengingatkan bahwa curah hujan yang tinggi dapat memicu berbagai bencana hidrometeorologi, seperti banjir bandang dan tanah longsor.

Oleh karena itu, masyarakat yang tinggal di daerah perbukitan yang rawan longsor diimbau untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Baca juga: Wajib Tonton! Daftar Film Terbaik untuk Merayakan Musim Gugur di Oktober dan November 2023 Mendatang

Baca juga: Asal Usul Nama Pariaman Ternyata Berasal dari Bahasa Ini, Penuh Makna! Simak Sejarah Penamaan Daerah di Sumatera Barat

Sumber:


BERITA TERKAIT

Berita Lainnya

vidstr